2 Kandungan Utama Yang Menjadi Keunggulan Pupuk Organik Cair (POC)

Diposting pada

Terdapat berabagai macam jenis pupuk di negara kita ini mulai dari pupuk padat atau pupuk hasil pabrik dan juga ada pula pupuk cair. Pupuk cair ini lebih banyak di temui dalam kemasan pabrik yang di mana sudah dalam berabagai proses di dalamnya sehingga dapat menghasilkan manfaat pada tanaman. Namun apakah anda tahu bahwa dalam pembuatan pupuk cair ini juga dapat pula di lakukan di rumah dengan mudah.

Dalam  definisinya sendiri pupuk cair yang dapat di olah adalah hasil berbagai limbah mulai dari bahan alami yang berasal dari kotoran hewa, limbah tanaman, dan juga berbagai jenis limbah produktif lainnya. Perlu untuk anda ketahui bahwasanya dalam penggunaan pupuk organik cair ini didalamnya memiliki keunggulan lebih di bandigkan dengan beberapa macam pupuk padat dan juga pupuk cair yang mengandung kimia.  Beberapa diatara keunggulan tersebut yang paling menonjol adalah sebagai berikut:

PUPUK CAIR

  • Dapat dengan cepat mengatasi defesiensi hara pada tanah
  • dapat menyediakan unsur hara yang baik dan dibutuhkan tanaman secara cepat serta lebih efisien dalam pengaplikasinnya
  • pupuk jenis poc alami ini tidak dapat merusak zat-zat hara tanah dan malah akan menjaganya dengan baik walaupun POC digunakan dalam intensitas yang tinggi.
  • Poc kaya akan zat pengikat dimana larutan POC yang disiramkan ke permukaan tanah bisa langsung terserap dengan baik oleh tanaman dan menjadi pemasok nutrisi secara keseluruhan
  • menjadi solusi yang tepat atas kelangkaan dan mahalnya harga pupuk anorganik atau kimia di toko-toko pertanian

selian beberapa keunggulan yang pastinya anda dapatkan di atas, terdapat beberapa lagi manfaat paling konkrit yang anaa dapatkan jika mengaplikasikan POC ini pada tanaman ataupun sayuran dan buah anda, karena pada dasarnya di dalam POC terdapat berabagai macam kandungan khusus yang bermanfaat untuk tanaman diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki kandungan giberelin dengan manfaat sebagai berikut:

Kandungan satu merupakan kandungan utama yang terdapat pada POC alami buatan sendiri. Selain mempunyai manfaat pada tumbuh kembang tanaman tanpa merusak zat-zat alami pada tanaman, manfaat lain dari giberlin adalah dapat memperbaiki beberapa sistem jaringan dan sel-sel tanaman yang mulai rusak dengan selalu menggantinya dengan yang baru. Adapun manfaat giberlin ini selain kedua di atas adalah seabagi berikut:

  • Perangsang yang efektif untuk pertumbuhan sel-sel baru pada tanaman
  • Dapat pula dengan cepat memperabaiki zat klorofil pada daun sehingga tanaman dapat memproduksi makanan dengan maksimal
  • Mejnjadi salah satu Perangsang tumbuh kuncup bunga dan juga bakal buah bagi tanaman buah yang anda miliki
  • Mempunyai manfaat lain pada memperkuat tangkai serbuk sari pada bunga tanaman anda sehingga tidak mudah rontok dan berjatuhan
  • Dan manfaat yang paling utama dari POC ini adalah dapat memperkuat daya tahan tanaman dari serangan hama dan penyakit yang biasanya akan mulai menyerang tanamana anda

2. Memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi

kandungan alkohol

Sipa yang menyangka dalam sebuah POC memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Bukan alkohol yagn untuk di minum tentunya, kandungan alkohol ini mempunyai manfaat sebagai sterilisasi pada tanaman anda. selain itu manfaat lain dari alkohol ini adalah sebagai penghenti pertumbuhan mikroba yang biasanya pasti ada pada tanaman yang kebanyakan akan menyerang pada daun, batang, yang di tandai dengan munculnya bercak dan juga jamur pada bagian-bagian tersebut.

Demikianlah tadi dua kandungan utama di dalam pupuk POC yang baiknya anda dapatkan dengan cepat. Selain memiliki keunggulan di bandingkan pupuk kimia, harga serta bahan-bahan pada POC ini tentunya mudah sekali anda dapatkan si sekitaran lingkungana anda.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *