Penyebab Gejala Dan Cara Mengatasi Gangguan Bipolar
Penyebab Gejala Dan Cara Mengatasi Gangguan Bipolar

Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Gangguan Bipolar

Diposting pada

Bipolar adalah sebuah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan emosi drastis. Seseorang yang menderita bipolar ini akan merasakan gejala mania atau sangat senang dan depresif atau sangat terpuruk. Gangguan ini tentu saja akan mengganggu aktivitas bahkan juga mengganggu beberapa orang yang ada di sekitar anda.

Umumnya para penderita bipolar ini tidak sadar bahwa dirinya terserang penyakit bipolar. Memang beberapa penderitanya berhasil mengetahui bahwa gangguan bipolar terjadi pada dirinya tetapi hal tersebut tetap membutuhkan waktu atau bahkan peringatan dari orang terdekat. Untuk bisa mengetahui apakah anda memiliki bipolar atau tidak maka harus memahami beberapa gejalanya.

Gejala Gangguan Bipolar

Ada beberapa gejala yang bisa jadi tanda bahwa anda sedang terserang bipolar, beberapa di antaranya seperti berikut.

  • Ketika anda merasakan bahagia kemudian tiba-tiba rasa sedih muncul begitu saja.
  • Kemudian ketika sudah merasa sangat percaya diri kemudian menjadi pesimis begitu saja.
  • Dari rasa semangat yang tinggi kemudian anda justru bermalas-malasan.

Setiap fase dari emosi bisa berlangsung dalam hitungan minggu atau bulan. Bipolar ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja tetapi juga bisa pada anak-anak.

Penyebab Gangguan Bipolar

Untuk penyebab pastinya memang tidak bisa diketahui dengan pasti. Namun bisa diduga bahwa gangguan bipolar adalah dampak dari adanya gangguan senyawa alami yang memiliki fungsi untuk menjaga fungsi otak. Gangguan fungsi otak tersebut bisa dipacu oleh beberapa faktor seperti berikut ini.

  • Genetik
  • Fisik
  • Lingkungan
  • Dan sosial

Cara Mengatasi Bipolar

Untuk menangani bipolar biasanya dokter akan menganjurkan penggunaan obat atau terapi khusus. Untuk bisa menentukan metode yang tepat maka dokter akan memeriksa secara langsung. Gangguan bipolar yang tidak mendapatkan penanganan bisa berdampak buruk bagi penderita seperti berikut.

  • Performal di sekolah ataupun tempat kerja menjadi buruk
  • Kecanduan alkhol dan penyalahgunaan obat terlarang
  • Rusaknya hubungan sosial dengan teman, keluarga, pasangan, atau orang lain.
  • Permasalahan keuangan
  • Adanya keinginan untuk bunuh diri.

Lantas bagaimana untuk bisa mengatasi gangguan bipolar? Tentu saja anda bisa menerapkan beberapa pola hidup sehat seperti berikut.

  1. Konsumsi makanan sehat dan jaga pola tidur

Ketika sedang terserang gangguan bipolar biasanya seseorang akan cenderung suka lapar. Jadwal makan benar-benar tidak tentu karena pengaruh emosi. Tidak hanya itu tetapi pola tidur juga semakin berantakan. Ketika anda merasa lapar maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan gandum. Makanan tersebut akan memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Untuk jam tidur juga harus dijaga dengan baik dan pastikan tidur hanya 9 jam saja dalam satu hari.

  1. Jadwalkan kegiatan

Agar tidak dipengaruhi oleh mood pastikan juga anda menjadwalkan kegiatan sehari-hari. Hal ini dapat membantu anda untuk tetap fokus menjalankan apa yang sesuai dengan jadwal. Peluang bermalas-masalan juga akan semakin sedikit terjadi.

  1. Nikmati semua yang terjadi dalam hidup

Sangat penting bagi penderita bipolar untuk merasa harus menikmati semua yang terjadi di dalam hidup. Hal ini yang kadang tidak dirasakan oleh penderita bipolar sehingga mudah sekali merasa senang ataupun bersedih dengan waktu yang singkat.

Gangguan bipolar bukan sesuatu yang bisa anda remehkan begitu saja. Jika tidak segera di atasi maka bisa saja akan berdampak sangat buruk. Bahkan ketika anda berada di ujung masalah mungkin pikiran negatif juga datang dan bisa mengancam nyawa anda. Bipolar adalah kondisi yang membutuhkan penanganan dari dokter ataupun psikiater.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *