Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Dan Kandungan Gizi Lengkap

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan Dan Kandungan Gizi Lengkap

Diposting pada

Buah rambutan adalah buah tropis dan termasuk dalam buah musiman. Selain memilikic ita rasa yang manis, ada juga yang memiliki rasa kecut, dan rasa asam. Nah, buah tersebut bisa digunakan untuk jus buah, untuk olahan, atau juga untuk campuran kue. Selain enak, manfaat buah rambutan juga cukup banyak.

Berbicara tentang kandungan gizinya, buah tropis ini punya kadungan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, serat, mineral termasuk kalsium, fosfor, zat besi, potassium, niacin, zinc, dan magnesium. Berikut adalah berbagai manfaat buah rambutan yang mungkin kamu harus tahu.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan menjadi salah satu zat yang dapat diandalkan pada buah yang satu ini. Selain itu, ada juga vitamin dan polifenol yang membuat buah tersebut sangat mudah untuk menetralisir radikal bebas. Bahkan, zat-zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh supaya dapat merawat kulit yang rusak. Dengan mengonsumsi buah yang satu ini secara rutin, maka dapat memperbaiki kulit yang mengalami peradangan, mencegah keriput, dan menghilangkan stress oksidatif.

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Jumlah serat yang ditawarkan oleh buah ini terbilang rendah. Akan tetapi, bukan berarti buah ini sama sekali tidak berkontribusi secara aktif untuk menjaga sistem pencernaan. Serat bisa ditemukan pada hampir semua buah.

Serat inilah yang berfungsi untuk membantu mendorong greakan peristaltic. Hasilnya, gejala atau sakit sembelit jadi bisa diatasi, bahkan juga bisa menghilangkan kadar kolesterol berlebih untuk tubuh. Juga, efisiensi nutrisi dapat mudah ditingkatkan.

4. Menyehatkan Tulang

Hal lainnya yang luar biasa dapat anda temukan dari buah tropis tersebut, apalagi jika dikonsumsi setiap hari adalah kandungan mineralnya. Terdapat setengah lusin mineral, mulai dari natrium, seng, kalium, kalsium, fosfor, besi, magnesium, sampai mangan dapat ditemukan pada buah tersebut. Itulah mengapa buah ini bermanfaat untuk membantu agar tulang semakin padat dan kuat.

Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh karena dapat memproduksi juga dapat memelihara kepadatan tulang, serta mencegah osteoporisi di usia senja.

5. Membantu Metabolisme Tubuh

Buah musiman ini juga punya kandungan vitamin B yang sangat tinggi. Fungsinya adalah untuk menjaga tubuh, dan bahkan meningkatkan sistem metabolisme. Sehingga, selain mendorong, juga membantu metabolisme energi karena merangsang agar karbohidrat dapat dikonversi menjadi energi. Itulah kenapa rajin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung Vitamin B akan membuat anda merasa segar sepanjang hari.

6. Obat Demam

Mulai saat ini, jika anda memiliki anak atau keluarga lainnya yang sedang demam, ada baiknya untuk menyediakan buah rambutan. Hal ini dikarenakan kandungan pada buah tersebut dapat menurunkan demam. Bahkan, masyarakat Tiongkok sudah menggunakan buah tropis ini sebagai obat alami untuk menurunkan demam, juga mengatasi berbagai masalah peradangan seperti sakit perut, sakit kepala, asam urat, dan juga arthritis.

7. Obat Sakit Jantung

Manfaat yang tak kalah pentingnya adalah kandungan vitamin C yang cukup besar. Fungsinya adalah untuk membuat dinding pembuluh darah lebih kuat dan memperbaikinya jika ada kerusakan. Tentu saja, proses pemulihan ini dibutuhkan secara bertahap, tidak semerta merta. Sehingga, efeknya akan terasa ketika anda sudah rajin mengonsumsi buah tersebut secara rutin.

Dengan perbaikan pada dinding pembuluh darah, maka penyakit kardiovaskular dapat dicegah. Itulah kenapa buah tersebut adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung.

Nah, itulah berbagai manfaat buah rambutan yang dapat anda temukan untuk kesehatan anda, semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *