7 Manfaat Singkong Rebus Yang Jarang Orang Tahu
7 Manfaat Singkong Rebus Yang Jarang Orang Tahu

7 Manfaat Singkong Rebus Yang Jarang Orang Tahu

Diposting pada

Manfaat singkong rebus tidak hanya untuk menggantikan beras atau nasi. Singkong, atau secara ilmiah disebut Manihot Utilissima adalah ubi kayu yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Sedangkan pada daunnya, bisa dimanfaatkan untuk sayur. Nah, singkong rebus ini sangat kaya nutrisi. Sehingga, akan memberikan banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi yang ada pada singkong rebus tak lain adalah folat, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, dan Riboflavin. Ada juga kandungan penting lainnya termasuk thiamin, selenium, mangan, sodium, potassium, juga fosfor. Bahkan, banyak penelitian menyebutkan jika makanan ini juga kaya akan magnesium, zat besi, kalsium, dan glukosa. Selain itu, ada juga kandungan air, kalori, protein, dan serat. Dari seluruh nutrisi tersebut, berikut manfaat singkong rebus yang jarang orang tahu.

1. Obat Lelah

Mengapa makanan yang satu ini sangat baik dikonsumsi ketika anda sedang kelelahan? Pasalnya, kandungan karbohidrat dan kalori sangat dibutuhkan tubuh yang sedang kelelahan. Apalagi, makanan yang satu ini juga punya kandungan mineral. Sehingga, ketika dikonsumsi, maka anda akan merasa lebih baik dan merasa lebih segar.

2. Obat Anemia

Memiliki masalah anemia adalah masalah yang serius untuk kesehatan. Anemia disertai dengan gejala yang mengganggu seperti pusing-pusing, mudah lelah, atau juga tidak bisa berjemur dibawah sinar matahari terlalu lama ketika sedang beraktivitas.

Nah, pada makanan tersebut, kandungan zat besi terbilang cukup tinggi. Bahkan, anda juga bisa mengonsumsinya walaupun anda tidak punya anemia karena dapat mencegah gejalanya.

3. Untuk Menstabilkan Gula Darah

Kadar gula yang berlebih atau terlalu rendah tentu tidak akan baik untuk kesehatan anda. Itulah mengapa dengan rajin mengonsumi singkong rebus, maka anda bisa mendapatkan banyak manfaat, terutama untuk membuat gula dalam darah lebih stabil. Ini penting karena dapat mencegah masalah kesehatan yang serius seperti diabetes.

4. Obat Stress

Tidak ada yang merasa sedih ketika melihat singkong rebus. Singkong rebus sering dijadikan cemilan atau pengganti nasi yang jelas akan meningkatkan selera makan. Aromanya yang khas juga citarasanya yang gurih membuat siapapun tidak akan bisa menolak jika sudah melihat suguhan singkong rebus. Selain itu, sebagaimana yang sudah disebutkan dari awal bahwa makanan ini juga bisa berfungsi untuk menghilangkan lelah, sehingga stress dapat berkurang.

5. Untuk Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A ini sangat baik bagi kesehatan mata. Sehingga, ketika anda mengonsumsi makanan tersebut secara teratur, maka akan membuat mata jadi lebih sehat.

6. Membantu Sistem Imun

Hal yang tak kalah pentingnya yang dapat anda temukan sebagai manfaat singkong rebus adalah karena kandungan nutrisinya akan sangat penting untuk menjaga sistem daya tahan tubuh atau imun. Dengan mengonsumsi makan tersebut secara berkala, kebutuhan tubuh bisa terpenuhi sehingga anda tidak mudah sakit.

7. Mengatasi Sakit Saluran Pernafasan

Sakit saluran pernafasan ada banyak. Misalnya seperti bronchitis, asma, dan juga nyeri ketika batuk. Caranya yaitu dengan mengonsumsi makanan tersebut secara rutin setiap hari, terutama di pagi hari.

Nah, itulah macam-macam manfaat singkong rebus yang jarang orang tahu. Singkong rebus juga menjadi salah satu menu andalan yang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan lainnya termasuk untuk mencegah mata panda, mencegah peradangan, mencegah sakit jantung, juga untuk mengatasi hal-hal karena kecanduan seperti kecanduan rokok. Dengan segudang manfaat tersebut, anda tidak punya alasan untuk tidak mengonsumsi singkong.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *