5 Manfaat Daun Mangkokan Untuk Kesehatan
5 Manfaat Daun Mangkokan Untuk Kesehatan

5 Manfaat Daun Mangkokan Untuk Kesehatan

Diposting pada

Apakah anda pernah mendengar tanaman daun mangkokan? Tanaman yang satu ini punya daun dengan bentuk yang mirip mangkok. Dari situlah tanaman tersebut mendapat julukan sebagai mangkokan. Nah, selain bisa ditemukan di pekarangan rumah, tanaman tersebut bisa tumbuh subur di daerah tropis dengan tinggi mencapai 6 meter. Berikut adalah informasi tentang apa saja manfaat daun mangkokan untuk kesehatan.

1. Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengapa daun mangkokan dapat memperlancar sistem pencernaan? Pasalnya, daun mangkokan bekerja efektif karena kandungan seratnya yang tinggi. Jadi, ketika serat tersebut diterima oleh tubuh, maka akan dapat membantu sistem pencernaan dengan sangat baik, seperti misalnya mencegah sembelit, memperlancar buang air besar, membantu proses pencernaan tubuh, mengatasi diare, dan bahkan memperlancar buang air kecil.

Cara mengonsumsinya adalah dengan mengolah daun tersebut untuk direbus sebagai lalapan. Atau anda juga bisa menumis daun mangkokan. Walaupun cuman daun, tapi tanaman tersebut punya nilai gizi yang luar biasa.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Rambut yang sehat adalah rambut yang bebas rontok, bebas ketombe, dan tentunya tampak lebat berkilau. Nah, anda bisa menggunakan daun mangkokan untuk perawatan rambut sehingga rambut tetap sehat. Apalagi, rambut yang sehat menjadi tanda bahwa tubuh kita juga sehat.

Cara menggunakan daun mangkokan adalah dengan mengambil lima lembar daun segar kemudian dicuci sampai bersih. Rendam seluruh daun dengan menggunakan minyak kelapa. Setelah itu, peras daunnya sampai benar-benar kering. Gunakan ekstrak atau minyak campuran tadi untuk dioleskan pada seluruh kulit kepala sampai rata. Cara ini harus dilakukan secara rutin setiap hari supaya bekerja secara efektif pada kulit kepala.

3. Obat Luka

Selain digunakan untuk berbagai macam hal sebagaimana di atas, manfaat daun mangkokan juga dapat digunakan untuk bagian kulit yang terluka. Luka bisa muncul akibat terjatuh. Nah, anda tinggal menggunakan beberapa lembar daun tersebut untuk kemudian dikompres atau ditempelkan pada bagian yag terluka. Daun ini sangat efektif untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena cara kerjanya sebagai anti inflamasi. Sehingga, kulit bebas infeksi dan luka jadi cepat kering.

4. Obat Radang

Punya masalah radang? Tidak masalah, anda bisa menggunakan daun mangkokan sebagai obat radang karena kandungan anti inflmaasinya. Daun ini dapat mengobati peradangan juga dikarenakan kandungan anti peradangan yang dapat bekerja langsung untuk mengatasi payudara yang mengalami peradangan.

5. Menjaga Kesehatan Organ Dalam

Manfaat daun mangkokan yang paling luar biasa adalah bagaimana daun tanaman tersebut memberikan kandungan zat besi yang sangat tinggi untuk tubuh. Zat besi dibutuhkan untuk tubuh karena merupakan salah satu mineral. Fungsinya adalah agar peredaran darah bisa lancar. Lancarnya peredaran darah tersebut tentu akan sangat baik, karena itu artinya tidak ada penyumbatan pembuluh darah.

Apa jadinya jika terjadi penyumbatan pembuluh darah? Maka, seluruh organ dalam tubuh bisa terpengaruh. Hal ini disebabkan penyumbatan pembuluh darah akan menghambat pasokan oksigen yang harus diedarkan ke seluruh bagian tubuh.

Nah, itulah informasi yang penting untuk anda ketahui tentang apa saja manfaat yang anda peroleh jika rajin menggunakan daun mangkokan untuk obat dalam atau obat luar. Manfaat-manfaat lainnya yang harus anda ketahui tentang daun mangkokan tak lain adalah mencegah anemia, menjaga kesehatan mata, mengobati sariawan, anti bakteri, menjaga tulang agar tetap sehat, dan masih banyak lagi lainnya. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *