7 Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan
7 Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

7 Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan

Diposting pada

Kandungan protein pada ikan gabus terbilang cukup tinggi, sehingga pastinya ada banyak manfaat ikan gabus untuk menjaga kesehatan. Bahkan faktanya, berbagai penelitian menunjukkan jika protein pada ikan yang satu ini adalah protein yang paling tinggi dibandingkan ikan-ikan yang ada di seluruh perairan di Indonesia. Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan yang dapat anda peroleh jika anda rajin mengonsumsi ikan tersebut secara rutin.

1. Menjaga Otot Tetap Sehat

Ikan ini dibutuhkan tubuh karena dapat membantu otot agar tetap sehat, mulai dari urusan pembentukan sampai pertumbuhannya. Hal ini dikarenakan kandungan proteinnya yang luar biasa, sehingga masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan mas, ikan nila, atau juga ikan lele. Protein pada ikan ini setara dengan ikan bandeng. Pada 100 gram ikan tersebut, terdapat kandungan hingga 25,2 gram protein.

Padahal, pada daging ayam 100 gram, kandungan protein yang anda dapatkan hanyalah sekitar 18,2 gram, sedangkan pada sapi hanya sekitar 18,8 gram, dan pada telur ayam, hanya sekitar 12,8 gram.

2. Obat Untuk Luka

Selain untuk pembentukan dan perkembangan otot, anda juga bisa mengonsumsi dagingnya untuk membantu proses penyembuhan luka yang anda alami. Misalnya, untuk anda yang habis mengalami proses bersalin, terluka parah karena terjatuh, atau apapun itu, kandungan albumin didalam ikan ini sangatlah besar dan berperan penting agar penyembuhan luka bisa terjadi dengan cepat.

3. Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Tidak hanya untuk menyembuhkan luka dengan cepat, ikan tersebut jika diolah dan dikonsumsi setiap hari, maka akan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh. Kandungan zat albumin akan bekerja agar regulasi cairan pada tubuh bisa stabil.

Pasalnya, jika tubuh kekurangan cairan, maka protein yang masuk menjadi pecah, sehingga fungsinya juga kurang optimal. Kandungan zat albumin yang ada dalam ikan tersebut bisa mencukupi hingga 60% kebutuhan per harinya.

4. Membantu Sistem Pencernaan

Manfaat ikan gabus selanjutnya yang tak banyak diketahui oleh masyarakat umum adalah untuk membantu sistem pencernaan bekerja lebih mudah. Mengapa demikian? Karena struktur daging pada ikan yang satu ini jelas lebih empuk dibandingkan dengan ikan lainnya. Sehingga, tentu saja ketika dikonsumsi, maka sistem pencernaan dalam tubuh tidak perlu terlalu bekerja keras untuk menghancurkan makanan tersebut.

Ditambah, terdapat protein kolagen yang lebih sedikit dibandingkan pada daging binatang ternak di darat.

5. Mengatasi Gizi Buruk

Gizi buruk menjadi masalah yang serius bagi anak-anak di Indonesia. Tidak sedikit anak-anak yang tumbuh kembangnya terancam dengan masalah gizi buruk. Selain bayi, balita, anak-anak, juga ibu hamil punya masalah dengan yang satu ini.

Nah, anda bisa mensiasati masalah tersebut dengan rajin mengonsumsi ikan gabus. Faktanya, kandungan gizi pada 100 gram ikan gabus sudah cukup loh untuk memenuhi nutrisi juga kebutuhan gizi pada bayi setiap harinya.

6. Mengatasi Pembengkakan Tubuh

Kandungan albumin tidak hanya utnuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi atau luka lainnya, namun kandungan albumin juga sangat bagus untuk mengatasi masalah pembengkakan yang muncul pada tubuh.

7. Menangkal Radikal Bebas

Jika anda ingin sehat dan tidak mudah sakit, maka jawaban yang paling tepat adalah bagaimana supaya anda bisa mengatasi masalah radikal bebas juga kuman-kuman lainnya yang menjadi sumber penyakit di sekitar lingkungan anda. Itulah kenapa, jika ingin sehat, maka kunci utamanya adalah menjaga agar daya tahan tubuh tetap kuat.

Itulah yang akan anda dapatkan dengan rajin makan ikan gabus. Tubuh jadi tidak mudah terserang penyakit dan lebih sehat.

Demikian informasi tentang apa saja  manfaat ikan gabus, semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *