7 Manfaat Rebung Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat rebung untuk kesehatan terbilang banyak. Rebung adalah tunas bambu yang sering dikonsumsi sebagai bahan makanan.  Selain itu, rebung juga menjadi salah satu sayuran yang sering dimasak oleh masyrakat China, bahkan sejak 2.500 tahun yang lalu.

Selain lezat, ada banyak nutrisi yang dapat anda temukan pada makanan yang satu ini. Karena menjadi salah satu makanan yang sehat dan sangat populer di seluruh dunia, masyarakat jepang bahkan menjuluki tunas bambu tersebut sebagai raja sayuran di hutan. Apa saja manfaat rebung? Berikut informasi yang dapat anda simak.

1. Kaya Nutrisi

Hal pertama yang anda nikmati manfaatnya adalah nutrisi didalam tunas bambu ini. Selain adanya kandungan protein, terdapat pula lemak, gula, asam amino, juga garam anorganik. Kandungan proteinnya mencapai hingga 2.65 gram setiap 100 gram reung yang masih segar. Bahan, kadar gulanya juga terbilang rendah jika dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Selain itu, tunas bambu juga punya kandungan serat yang tinggi, termasuk selulosa dan juga sumber vitamin atau mineral.

2. Sehat Untuk Diet

Apakah anda sedang diet? Anda bisa mengonsumsi rebung untuk menjadi menu sehat selama diet. Kandungan gizi sebagaimana disebutkan di atas akan mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi selama anda membatasi makanan. Bahkan, lemak pada makanan yang satu ini nyaris tidak ada. Itulah mengapa, bahan makanan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi ketika sedang diet.

3. Menyehatkan Jantung

Dari sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan fitonutrien dan pitosterol pada tunas bambu mengandung segudang manfaat. Salah satu diantaranya adalah untuk membuat kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh jadi hancur. Selain itu, dua kandungan tersebut juga sangat baik untuk tetap mengontrol jumlah kolesterol di bagian arteri. Sehingga, peredaran darah jadi lebih lancar dan jantung pun jadi lebih sehat.

4. Mengontrol Kolesterol

Jika kadar kolesterol jahat bisa dilarutkan dalam tubuh, maka itu juga sama dengan membuat kadar gula yang ada dalam darah benar-benar stabil. Kandungan kalori juga lemak juga tidak ada didalam bahan makanan yang satu ini.

Bahkan, penelitian di Washington State University dengan dua peneliti yaitu Park dan John menemukan bahwa dengan mengonsumsi rebung secara rutin akan membantu tubuh. Hal ini dikarenakan adanya efek yang menguntungkan pada lipid, fungsi usus, dan juga kolesterol.

5. Mencegah Kanker

Manfaat rebung dari berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa pitosterol mengandung amylase, flavon, dan klorofil. Fungsi klorofil sangat bermanfaat untuk tubuh karena dapat mengendalikan kanker. Bahkan, kandungan alami seperti fitokimia dipercaya sebagai kandungan yang akan mengurangi pengerasan pada arteri dan juga mencegah kanker.

Tak hanya itu, kandungan zat lignan pada rebung juga sangat efektif yang khusus bekerja menangani berbagai masalah jamur, virus, bakteri, dan juga sel kanker. Apalagi, terdapat asam fenolik yang kaya akan antioksidan dan berfungsi sebagai agen anti-inflamasi yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain antioksidan, tunas bambu juga mengandung mineral dan vitamin yang cukup lengkap. Inilah alasan mengapa rebung bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Membantu Sistem Pencernaan

Salah satu alasan untuk rajin mengonsumsi rebung adalah karena kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat ini akan memberikan nutrisi penting. Juga, akan membantu sistem pencernaan sehingga usus tetap sehat.

Itulah informasi apa saja yang dapat anda simak tentang manfaat rebung. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Iwan Saputra

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *