Manfaat Daun Jarak Pagar Untuk Kesehatan Rambut, Kulit, dan Obat Penyakit

3 min


Manfaat daun jarak pagar atau tanaman yang dikenal dengan Jatropha Curcas L Euphorbiaceae dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman tersebut tumbuh subur di daerah tropis, yang sering distek untuk kemudian dibudidayakan. Selain itu, tanaman tersebut memiliki berbagai jenis seperti Jarak Kosta, Jarak Pagar, kalekhe Paghar, Lulang, dan Kadodo.

Daun jarak kaya kandungan vitamin C, Astragalin, Reynoutrin, dan Kaemferol 3 RUtinosida, Isoqueritrin, Nicotiflorin, dan lainnya. Nah, berikut adalah daftar manfaat yang ada pada daun jarak.

1. Untuk Kesehatan Kulit

Daun jarak pagar dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Fungsinya adalah sebagai obat gatal, koreng, jamur, borok, dan masalah kulit lainnya. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan daun di bagian area kulit yang bermasalah. Atau, rebus daun jarak untuk kemudian dibalurkan ke seluruh area kulit.

2. Obat Luka Pendarahan

Daun jarak juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Pada kasus pendarahan, daun jarak menghentikan pendarahan, sehingga luka dapat sembuh lebih cepat. Cara menggunakannya juga masih sama yaitu dengan membalurkan daun jarak pada bagian yang terluka. Cara ini harus dilakukan secara teratur, yakni sampai luka benar-benar berhenti berdarah.

3. Obat Batuk

Sebagai obat batuk, fungsi daun jarak adalah untuk mengencerkan dahak sehingga lebih mudah bagi tubuh untuk mengeluarkannya. Caranya yaitu dengan merebusĀ  7 gelas air dan daun jarak sampai mendidih dan sampai tersisa setengahnya. Kemudian, minum air tersebut dua kali dalam sehari, pagi dan sore.

4. Obat Rematik

Kandungan asam ricinoleic, sam oleat, asam linoleat dan berbagai jenis asam lemak yang ada pada daun tanaman tersebut dapat berkhasiat untuk mengatasi rematik atau encok. Jika ingin hasil yang maksimal, maka gunakan lumatan daun jarak yang dicampur dengan minyak esensial. Kemudian, terapkan pada seluruh bagian yang terasa sakit secara rutin.

5. Obat Nyeri Haid

Wanita sering mengalami keluhan saat sedang haid yaitu sakit perut atau kram perut. Masalah seperti ini tentu juga sering terjadi, seperti dengan pendarahan yang berlebihan sehingga menyebabkan depresi dan anemia. Untuk itu, daun jarak yang bersifat asam ricinoleic akan membantu membuka agar aliran haid lebih lancar serta mengurangi rasa nyeri akibat haid.

6. Menyuburkan Rambut

Untuk Anda yang paling sebal melihat rambut yang tampak tipis, rontok, atau juga mengalami kasus kebotakan, daun jarak pagar digunakan sebagai solusi menjaga kesehatan rambut. Daun jarak dapat menyuburkan rambut karena kandungan asam lemak omega 6. Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan air perasan daun.

Air tersebut bisa dihangatkan untuk kemudian dijadikan olesan pada area kulit kepala. Fungsinya adaah untuk menstimulasi aliran darah dan membuka pori-pori kulit kepala agar folikel rambut bisa ternutrisi dengan baik, dari akar sampai ujungnya. Lalu bungkus dengan shower cap. Biarkan rambut selama semalaman dan bilas saat Anda bangun dipagi hari.

7. Obat Masuk Angin

Masuk angin tidak hanya menjadi masalah bagi orang dewasa, tapi juga menjadi masalah bagi bayi. Sehingga, bayi akan merasa rewel karena tidak nyaman dan istirahatnya menjadi tidak nyenyak. Manfaat daun jarak pagar adalah sebagai obat masuk angin, daun jarak bisa dioleskan dengan cara dicampur dengan minyak

kayu putih. Lalu tempelkan daun jarak tersebut di bagian penting seperti punggung, dada, dan perut.

Nah itulah manfaat daun jarak pagar yang dapat Anda coba mulai dari sekarang. Sekarang, Anda sudah tahu apa saja manfaat menggunakan daun jarak pagar untuk kesehatan kulit, rambut, dan bahkan kesehatan tubuh karena bisa dijadikan obat. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *