Kegunaan Daun Binahong Untuk Kesehatan Tubuh

3 min


Kegunaan daun binahong menjadi salah satu alasan mengapa daun yang satu ini begitu populer bagi masyarakat Indonesia. Daun binahong dipercaya dapat menjadi solusi obat herbal yang baik untuk kesehatan. Memang, tanaman ini tergolong sebagai tanaman herbal yang punya banyak manfaat termasuk pada bagian daun dan umbinya. Berikut informasi lengkap tentang apa saja manfaat daun binahong, juga umbinya.

1. Mencegah Kanker

Dari berbagai penelitian yang ada, daun binahong kaya akan zat antioksidan flavonoid. Tak hanya itu, zat antioksidan berguna untuk mengatasi radikal bebas yang menyebabkan munculnya sel kanker. Ketika mengonsumsi daun binahong, maka itu sama seperti mengurangi resiko terkena sakit kanker.

2. Mencegah Diabetes

Untuk penderita diabetes, zat alkaloid dalam daun binahong ini sangat penting. Hal ini dikarenakan zat tersebut mengandung sifat hipoglikemik. Sehingga, perannya sangat penting untuk membuat kadar gula darah dalam pasien diabetes berkurang.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Saponin adalah salah satu senyawa penting yang ditemukan di daun binahong. Senyawa ini fungisnya adalah untuk menurunkan level kolesterol dalam tubuh. Dalam artian, mengonsumsi daun binahong akan menyehatkan jantung.

Manfaat Minum Rebusan Daun Binahong Bagi Kesehatan

Ketika anda meminum air rebusan daun binahong secara rutin, maka ada banyak manfaat yang anda peroleh sebagaimana berikut:

  1. Mengobati Kencing Manis – Caranya yaitu dengan merebus 11 lembar daun binahong, kemudian minum air rebusannya. Lakukan setiap hari.
  2. Mengobati sesak nafas – Carnya dengan merebus tujuh lembar daun tersebut dan minum air rebusannya setiap hari.
  3. Mengatur Tekanan Darah Rendah – Darah jadi stabil dengan merebus 8 lembar daun binahong dan minum setiap hari.
  4. Mengobati Batuk Muntah Darah – Caranya dengan merebus 10 lembar daun binahong dan minum air rebusannya setiap hari.
  5. Obat Paru-paru – Gunakan 10 lembar daun binahong, lalu rebus dan minum air rebusan tersebut setiap hari.
  6. Mengatasi kencing manis
  7. Meringankan asma
  8. Meningkatkan stamina tubuh.
  9. Menyembuhkan luka lebih cepat.
  10. Mengatasi peradangan dan pembekuan darah
  11. Obat memar
  12. Mencegah stroke
  13. Meringankan arthritis
  14. Mencegah sakit asam urat
  15. Obat ambeien
  16. Obat sakit kepala
  17. Mengobati gatal-gatal
  18. Meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh
  19. Mengatasi pembengkakan usus
  20. Mengatasi hidung mimisan
  21. Mempercepat proses pemulihan setelah operasi dan melahirkan

Kegunaan Daun Binahong Untuk Kesehatan Kulit

  1. Obat luka – Caranya dengan menumbuk daun binahong dan haluskan. Gunakan sebagai obat oles pada bagian yang terluka secara merata. Terus lakukan sampai luka benar-benar kering dan sembuh.
  2. Obat jerawat – Siapkan 5 lembar daun binahong dan tumbuk hinga hancur. Gunakan sebagai obat oles pada wajah berjerawat. Lakukan perawatan ini ketika anda hendak tidur.
  3. Obat Luar – Gunakan daun dan batang binahong untuk ditumbuk dan oleskan sebagai obat oles pada bagian yang terasa sakit. Selain bisa menyembuhkan memar, anda bisa menggunakan cara ini untuk menghaluskan kulit, mengatasi sakit otot, reumatik, dan pegal linu.
  4. Perawatan Wajah – Hilangkan keriput juga jerawat dengan menggunakan masker wajah dari daun binahong. Siapkan 5 lembar daun binahong, tumbuk dan oleskan pada area wajah yang sudah dibersihkan. Lalukan setiap hari saat hendak tidur di malam hari.

Itulah berbagai Kegunaan daun binahong yang anda harus tahu. Sekarang anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Lakukan perawatan dan pengobatan di atas secara rutin agar hasilnya maksimal.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *