7 Manfaat Umbi Garut Untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Umbi Garut Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Umbi Garut Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Umbi garut bukan berarti tanaman umbi yang berasal dari kota Garut. Ya, umbi khas ini ternyata adalah tanaman yang punya umbi dan kemudian umbi tersebut dijuluki sebagai Irut. Dalam bahasa latin, tanaman tersebut disebut sebagai spesies Maranta Arundinacea. Ada banyak nama yang dimiliki tanaman tersebut diantaranya adalah sagu belanda, irut, gaerut, labia walanta, peda-peda, dan masih banyak lagi. Berikut adalah manfaat tanaman yang satu ini yang wajib anda tahu.

1. Kandungan Gizi

Tanaman ini punya banyak kandungan seperti protein, air, lemak, serat, pati, abu, juga zat besi. Selain itu, tanaman ini juga terkenal dengan kandungan fosfor, kalium, magnesium, vitamin B6, riboflavin, tiamina, dan juga folat. Walaupun tidak dikenal sebagai umbi-umbian yang populer layaknya kentang, singkong, atau ubi jalar, namun umbi yang satu ini juga sangat bermanfaat untuk manusia dikarenakan kandungan-kandungan tersebut.

2. Menambah Energi

Kandungan pada umbi garut sangat baik untuk mensuplai energi yang dibutukhan oleh tubuh. Apalagi terdapat kandungan lemak, karbohidrat, dan juga protein didalam umbi tersebut untuk membantu agar energi tetap terpenuhi setiap hari.

3. Obat Sakit Perut

Manfaat berikutnya yang dapat anda peroleh dengan rajin mengonsumsi umbi yang satu ini adalah untuk mengatasi sakit perut. Anda bisa mencampur pati umbi tersebut dengan susu atau juga air.

Pati pada umbi tersebut dapat juga dijadikan sebagai bubur yaitu dengan cara dicampur dengan susu atau juga air. Nah, kemudian gunakan untuk mengobati berbagai masalah perut termasuk pada sistem pencernaan seperti lambung dan usus. Dengan rajin menggunakannya, anda juga bahkan mencegah berbagai penyakit tersebut untuk muncul kembali.

4. Obat Luka

Apakah anda punya luka di luar tubuh? Jika iya, anda juga bisa memanfaatkan pati dari umbi tersebut dengan dicampur air. Fungsinya adalah untuk mengobati bagian luka luar. Pati tersebut berperan sebagai salep, jadi buatlah yang bertekstur kental. Sehingga, anda bisa mengolesi dan juga membantu agar luka luar cepat pulih.

5. Membantu Peredaran Darah Tetap Lancar

Umbi garut juga dapat anda gunakan sebagai cara untuk memperlancar peredaran darah, mengapa? Hal ini dikarenakan kandungan zat besi pada umbi ini sangatlah tinggi. Zat bsi juga akan membuat tubuh lebih sehat dan bahkan mencegah masalah anemia.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat lainnya yang akan anda dapatkan dari umbi yang satu ini adalah untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, anda dapat meningkatkannya. Kandungan mineral didalamnya juga sangat baik untuk tubuh, sebab dapat meningkatkan energi.

7. Menyehatkan Otak

Umbi garut juga punya manfaat yang sangat luar biasa, yaitu kandungan asam folatnya yang sangat banyak. Selain itu, asam folat adalah kandungan yang sangat penting yang mempengaruhi pertumbuhan juga perkembangan otak. Selain dapat meningkatkan kecerdasan anda, asam folat juga sangat penting untuk masa pertumbuhan anak.

Nah, itulah informasi lengkap tentang apa saja manfaat umbi garut jika anda rajin mengonsumsinya setiap hari. Kandungan serat yang sangat tinggi juga penting karena dapat membantu sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat tentu menjadi salah satu tanda bahwa tubuh juga dapat membuang racun dan zat-zat yang tidak berguna secara optimal. Sehingga, tidak ada yang tertimbun yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya di masa depan nanti. Anda juga tidak akan mengalami diare, sembelit, atau gangguan pencernaan lainnya, tentunya. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *