7 Manfaat jus wortel Sebagai jus Untuk Kesehatan
7 Manfaat jus wortel Sebagai jus Untuk Kesehatan

7 Manfaat jus wortel Sebagai jus Untuk Kesehatan

Diposting pada

Manfaat jus wortel untuk kesehatan tubuh sudah tidak bisa diragukan lagi. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi sudah diketahui masyarakat umum untuk menjaga kesehatan mata. Nah, apakah hanya itu saja manfaatnya?

Faktanya, wortel punya kandungan vitamin lainnya juga kandungan mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain serat, terdapat pula karbohidrat, kalori, protein, kalium, sodium, juga lemak tak jenuh. Sedangkan kandungan vitaminnya adalah vitamin B9, vitamin B3, vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B2, Vitamin B1, vitamin A, Vitamin C, juga vitamin K. Berikut adalah berbagai informasi yang harus anda ketahui tentang manfaat sayuran yang satu ini, apalagi ketika digunakan sebagai jus.

1. Mencegah Degenerasi Makula

Pada lansia, jaringan mata mengalami penurunan performa. Sehingga, kondisinya menjadi mengendur. Hasilnya, ketajaman mata dalam menangkap objek cahaya jadi ikut berkurang. Kemudian, vitamin A yang didukung dengan berbagai mineral didalamnya akan mencegah degenerasi makula. Dengan rajin mengonsumsi jus wortel, maka dapat meningkatkan ketajaman mata.

2. Mencegah Kanker

Kandungan zat poliacetylene falcarinol dalam wortel cukup tinggi. Sehingga, dapat berperan sebagai antioksidan. Hasilnya, pertumbuhan sel-sel yang memicu kanker dapat dicegah. Biasanya, sel-sel ini sering menyerang pada bagian tenggorokan, payudara, mulut, hati, juga usus besar.

3. Kesehatan Kandung Kemih

Seperti yang kita tahu bahwa kandungan nutrisi pada jus wortel akan sangat membantu, terutama untuk menyehatkan bagian tubuh yang paling penting, yaitu kandung kemih. Sehingga, kandung kemih jadi bersih. Proses pembuangan zat-zat yang tidak lagi digunakan oleh tubuh bisa dilakukan dengan sempurna.

4. Mencegah Sembelit

Apakah anda sering mengalami masalah sembelit? Sembelit menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan serat. Sembelit ini dapat dicegah atau juga dapat diatasi dengan manfaat jus wortel. Pada jus wortel, kandungan seratnya sangat banyak, bahkan dilengkapi dengan berbagai vitamin juga mineral yang akan menyehatkan saluran anus. Dengan demikian, maka pembuangan kotoran dapat dilakukan secara normal, bahkan sistem pencernaan jadi lebih sehat. Sehingga, anda tidak akan merasa nyeri lagi untuk buang air besar.

5. Mencegah Stroke

Ini adalah manfaat yang sangat luar biasa ketika anda mulai berkomitmen untuk mengonsumsi jus wortel secara rutin. Nutrisinya yang lengkap akan membantu tubuh agar tekanan darah kembali stabil. Selain itu, aliran darah bisa lancar, karena hal-hal yang menyumbat aliran darah dapat dibersihkan oleh tubuh. Sehingga, masalah serius seperti stroke dapat diatasi dengan baik.

6. Mengobati Cacingan

Anak-anak serigkali bermain tanah, memegang apapun yang menarik, tanpa disadari mereka sering lupa cuci tangan. Nah, kuman-kuman yang menempel, termasuk telur cacing tanpa disadari para orang tua bisa masuk kedalam tubuh. Cacing ini sifatnya merugikan karena dapat menyerap seluruh nutrisi yang sudah didapatkan oleh tubuh. Sehingga, tubuh tidak bisa menggunakan nutrisi tersebut secara optimal.

Untuk itu, membuat jus wortel untuk anak-anak tentu akan sangat bermanfaat. Selain untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan juga mineral pada anak, wortel yang dijus ini akan memberikan nutrisi penting lainnya yang dapat membasmi telur cacing dan menghentikan siklus pertumbuhannya.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh adalah tameng utama bagaimana supaya tubuh tetap sehat, terhindar dari berbagai radikal bebas yang membuat badan sakit atau terkena berbagai penyakit yang serius.  Untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit, maka mengonsumsi jus wortel adalah cara yang tepat. Pasalnya, jus wortel mengandung antioksidan yang terbilang tinggi. Antioksidan berperan sebagai zat yang akan membasmi berbagia radikal bebas, termasuk kuman sumber penyakit.

Nah, itulah informasi lengkap tentang apa saja manfaat jus wortel jika rajin dikonsumsi setiap hari. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *