Kanker Melanoma Penyakit Berbahaya Pada Kulit
Kanker Melanoma Penyakit Berbahaya Pada Kulit

Kanker Melanoma Penyakit Berbahaya Pada Kulit

Diposting pada

Pernah dengar penyakit kanker melanoma? Kanker tersebut merupakan jenis yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang memiliki fungsi untuk menghasilkan melanin. Melanin ini akan menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan. Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang cukup jarang dan cukup berbahaya.

Seseorang yang menderita melanoma ini bisa saja menyebar pada beberapa organ dalam lainnya. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada bisa menjadi gejala umum dari kanker melanoma. Hal ini bisa saja terjadi di seluruh tubuh, beberapa bagian tubuh yang sering mengalami kemunculan seperti tangan, kaki, wajah, dan juga punggung.

Penyebab kanker melanoma

Melanoma terjadi pada saat sel-sel pigmen kulit berkembang secara tidak normal. Sampai saat ini belum diketahui mengapa hal ini terjadi. Sebagian orang menganggap penyebab melanoma dikarenakan kulit terlalu sering terpapar sinar ultraviolet alami ataupun buatan. Tetapi  ternyata tidak semua orang yang sering terpapar sinar UV menderita melanoma.

Beberapa peneliti masih berupaya untuk mencari tahu penyebabnya. Beberapa faktor yang ketahui bisa meningkatkan kemungkinan terjangkit melanoma adalah banyak tahi lalat ataupun bintik di kulit, kemudian kulit pucat dan mudah terbakar, memiliki anggota keluarga yang menderita juga melanoma, dan juga seseorang berambut merah ataupun pirang. Seseorang yang memiliki beberapa faktor tersebut dalam tubuhnya memiliki kemungkinan besar terserang melanoma.

Penderita kanker melanoma

Menurut data dari WHO ada sekitar 132.000 kasus melanoma yang muncul setiap tahunnya di seluruh dunia. Setiap 3  kasus kanker ditemukan sat ukases kanker kulit melanoma dan diperkirakan akan terus menungkat sebab lapisan ozon di langit terus menipis. Pengurangan lapisan ozon sekitar 10 persen saja dapat menyebabkan peningkatan insiden kanker kulit melanoma sebesar 4500  kasus baru.

Kanker melanoma ini lebih sering menyerang wanita yang berusia di bawah 40 tahun. Kanker kulit Janis ini sangat fatal jika tidak dapat didiagnosis secara awal. Jadi jika anda merasa memiliki beberapa faktor seperti yang sudah disebutkan di atas maka ada baiknya segera untuk periksakan ke dokter kulit.

Pengobatan melanoma

Salah satu prosedur utama untuk pengobatan melanoma merupakan operasi tetapi semua jenis penanganan akan disesuaikan dengan kondisi pasien. Operasi bisa saja sukses jika melanoma terdiagnosis pada tahap awal. Tetapi untuk mencegah melanoma muncul kembali maka pasien diwajibkan menjalankan perawatan lanjutan.

Jika melanoma tidak bisa diketahui dari awal dan tiba-tiba sudah ditahap yang paling parah maka hanya bisa mendapatkan penanganan agar tidak menyebar pada organ lainnya. Jika sudah berada di tahap ini maka akan dibutuhkan obat-obatan misalnya saja seperti kemoterapi.

Pencegahan melanoma

Untuk menurunkan resiko terserang melanoma maka hindarkan kulit agar tidak terlalu sering terkena paparan langsung dari sinar ultraviolet entah itu yang alami ataupun buatan. Sekalipun kemunculan melanoma tidak dapat dicegah tetapi menggunakan tabir surya akan cukup membantu mengecilkan kemungkinan anda terserang dari penyakit berbahaya seperti melanoma. Menggunakan tabir surya dan kenakan yang lengkap agar terlindungi dari paparan sinar matahari yang membahayakan.

Penyakit ini memang unik sebab tidak bisa diketahui dengan pasti apa penyebabnya. Tetapi jika anda memiliki tahu lalat dan bintik-bintik pada kulit secara teratur maka coba periksakan saja. Daripada telat melakukan penanganan. Semua pemeriksaan yang dilakukan akan membantu mendapatkan diagnosis sejak awal untuk kanker melanoma.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *