Gejala Dan Penyebab Impetigo Kulit Melepuh Pada Anak
Gejala Dan Penyebab Impetigo Kulit Melepuh Pada Anak

Gejala Dan Penyebab Impetigo, Kulit Melepuh Pada Anak

Diposting pada

Kulit melepuh terjadi pada anak anda? Bisa jadi kondisi tersebut adalah impetigo. Impetigo sendiri merupakan infeksi kulit menular yang sering dialami oleh bayi dan anak-anak. Infeksi ini ditandai dengan kemunculan bercak merah dan juga kelepuan pada kulit, misalnya saja bagian wajah, tangan, dan kaki.

Kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang serius tetapi penyebaran penyakit ini memang mudah sekali terjadi. Infeksi bisa terjadi pada kulit yang sehat atau bisa juga disebabkan oleh kondisi lain seperti eksim atopic. Jika anak anda mengalami gejala-gajala seperti berikut maka bisa coba dikonsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Gejala Impetigo

Gejala impetigo ini tidak bisa diketahui secara langsung ketika penderita sudah terinfeksi. Gejala baru akan diketahui setelah 4 sampai 10 hari sejak penderita pertama kali terpapar bakteri. Gejala yang muncul juga bervariasi dan tergantung pada jenis impetigo yang dialami. Berikut ini gejala dari impetigo sesuai dengan jenisnya.

  1. Impetigo krustosa

Impetigo kuristosa merupakan jenis impetigo yang paling sering dialami oleh anak-anak dan lebih mudah untuk menular, gejalanya seperti berikut.

  • Bercak kemerahan dan rasa gatal di sekitar mulut dan hidung tetapi tidak menimbulkan nyeri. Bercak tersebut bisa menjadi luka jika kena garuk.
  • Kulit di sekitar luka akan mengalami iritasi.
  • Adanya koreng bewarna kuning kecoklatan di sekitar luka
  • Koreng tersebut akan meninggalkan bekas kemerahan pada kulit dan dapat menghilang tanpa bekas dalam waktu beberapa hari atau minggu.
  1. Impetigo bulosa

Impetigo bulosa merupakan jenis impetigo yang lebih serius dengan gejala sebagai berikut.

  • Muncul lepuhan berisi cairan yang bening di bagian antara leher dan pinggang juga lengan dan tungkai.
  • Lepuhan akan terasa nyeri dan kulit di sekitar menjadi gatal
  • Lepuhan tersebut dapat pecah, menyebar, dan juga menimbulkan koreng berwarna kekuningan. Koreng tersebut akan menghilang tanpa bekas setelah beberapa hari.
  • Terkadang impetigo bulosa juga disertai demam dan muncul benjolan di sekitar leher sebab pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyebab Impetigo

Kulit melepuh karena impetigo bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri dapat menular melalui kontak secara langsung dengan penderita atau bisa juga melalu perantara berupa barang yang sebelumnya digunakan oleh penderita, misalnya seperti handuk dan baju. Resiko penularan akan semakin mudah terjadi jika seseorang memiliki luka yang terbuka, entah itu luka gigitan serangga, cedera akibat jatuh, ataupun luka goresan. Dari luka terbuka tersebut bakteri akan semakin mudah masuk ke dalam tubuh.

Impetigo juga bisa dikarenakan kelainan kulit lainnya seperti kudis dan juga eksim atonik. Impetigo dapat menyerang siapa saja tetapi umumnya sering menyerang anak-anak berusia 2 sampai 5 tahun. Hal tersebut dikarenakan sistem dari kekebalan tubuh belum cukup kuat untuk melawan bakteri penyebab infeksi. Ada beberapa faktor yang bisa juga meningkatkan resiko terserang impetigo seperti berikut.

  • Menderita diabetes
  • Memiliki kekebalan tubuh lemah
  • Melakukan olahraga dan menyebabkan kontak antar kulit dengan orang lain
  • Tinggal di tempat yang kurang bersih dan padat penduduk.

Untuk menjaga agar anda tidak terserang impetigo maka jagalah kebersihan. Jika ada luka yang terbuka maka segera obati dan berikan antiseptik agar tidak ada bakteri yang masuk. Jangan menggunakan pakaian atau handuk milik orang lain. Anak yang terkena impetigo dianjurkan untuk tidak keluar rumah agar tidak memperparah kulit melepuh akibat impetigo dan menularkan pada yang lain.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *