Resep Sambal Dabu-Dabu Khas Daerah Manado Sederhana

3 min


Sambal dabu-dabu merupakan kuliner khas dari daerah Manado sebagai salah satu kreasi menu sambal yang populer di Indonesia. Manado yang terkenal dengan aneka menu kuliner pedasnya, juga terkenal dengan sambal yang satu ini dengan rasa yang sangat pedas . Ciri khas dari sambal ini ada pada irisan tomat dan bawang merah selain cabai rawitnya.  rasa segar pun terdapat pada aroma dan rasanya.

Untuk membuat resep sambal dabu-dabu sangatlah tidak sulit. Secara umum, bahan yang digunakan sama seperti  membuat sambal lainnya. Bedanya, pada sambal ini cara pembuatannya tidak dihaluskan dengan cara diulek atau ditumbuk. Melainkan semua bahan diiris halus. Jadi, saat menikmatinya, rasa segar dan renyah dari tekstrur bahan-bahannya akan Anda rasakan. Membuat sambal dabu-dabu di rumah tidak kalah rasanya dengan rasa sambal dabu-dabu yang biasa disajikan di restoran. Anda bahkan bisa membuatnya dengan lebih spesial dan sesuai dengan selera.  Berikut cara membuat sambal dabu-dabu.

Bahan-Bahan :

  • Cabai merah segar ukuran besar, 1 buah. Cuci dan bersihkan, buang bijinya. Kemudian, potong dan iris halus, kecil-kecil. Rasa cabai merah tidak begitu pedas dibandingkan cabai rawit . Namun, Anda pun tetap bisa menambahnya.
  • Cabai rawit sergar, 5 buah. Pilih warna hijau. Cuci dan bersihkan, kemudian potong dan iris halus, kecil-kecil membulat. Jumlah cabai rawit bisa Anda tambah jika ingin rasa yang lebih pedas.
  • Bawang merah, 5 siung. Kupas dan bersihkan, kemudian potong dan iris tipis kecil-kecil.
  • Tomat merah segar, 1 buah ukuran sedang. Cuci dan bersihkan, buang bijinya. Potong-potong daging tomat bentuk dadu kecil-kecil. Jika ingin rasa yang lebih segar, bisa ditambahkan tomat sesuai selera.
  • Daun kemangi sebanyak 8 lembar. Cuci dan bersihkan. Kemudian iris tipis.
  • 1 sendok air perasan jeruk nipis.
  • Garam, secukupnya.
  • Gula pasir, secukupnya.
  • Minyak goreng, secukupnya.

Cara Membuat :

  1. Siapkan wadah. Campur semua potongan bahan mulai dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, tomat dan daun kemanginya dalam wadah tersebut.
  2. Beri garam, gula, serta perasan air jeruk nipisnya. Aduk hingga merata.
  3. Panaskan minyak goreng. Kemudian, langsung tuangkan pada campuran bahan sambal dabu-dabu tersebut. Aduk kembali agar semua bahan tercampur merata.
  4. Siapkan piring atau mangkuk saji. Tuangkan sambal yang sudah jadi tersebut. Sambal  siap disajikan untuk melengkapi berbagai hidangan. Selamat mencoba.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Fahrul Fauzi

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *