8 Manfaat Petai Bagi Kesehatan Tubuh

3 min


Meski punya bau yang cukup menyengat, petai juga punya peran penting bagi kesehatan tubuh.
sebagian masyarakat di Indonesia, petai dijadikan sebagai salah satu makanan favorit untuk lalapan maupun dijadikan sayur. Seperti sambal teri, sayur lodeh, nasi goreng, sambal goreng dan masih banyak masakan yang lainnya.

Bagi yang suka makan petai sekarang anda bisa tau manfaat petai bagi kesehatan tubuh. yuuk simak 8 manfaat petai bagi kesehatan tubuh.

Memperbaiki mood saat sedang PMS (Pre Menstrual Syndrome)

Saat sedang PMS beberapa wanita akan merasakan tidak nyaman, bahkan gampang sekali yang namanya marah atupun sering disebut bad mood.

petai bisa menjadi salah satu solusi anda ketika mengalami PMS. Karena petai memiliki kandungan vitamin B6 yang mampu mengatur kadar gula darah sehingga dapat membantun memperbaiki mood saat haid.

Mengatasai sembelit

Kandungan serat dalam petai dapat membantu anda untuk menormalkan kembali sistem pencernaan sehingga mampu mengatasi sembelit.

Dengan mengonsumsi petai secukupnya, anda tak perlu lagi minum obat pencahar untuk mengobati sembelit.

Sebagai anti bakteri

Petai mengandung senyawa polisulfida siklik yang mempunyai manfaat sebagai anti bakteri.Menurut sebuah penelitian, ekstrak biji petai memiliki kandungan trithiolane dan hexathionine yang memiliki kemampuan anti bakteri.

Mengatasi luka lambung

Petai mempunyai manfaat untuk membantu anda mengatasi luka lambung. Petai bisa menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

Cegah anemia

Kekurangan zat besi dalam darah merupakan penyebab timbulnya penyakit anemia. Anemia kekurangan zat besi adalah jenis anemia yang paling umum dan itu dapat dialami seseorang ketika tubunya tidak memiliki zat besi yang cukup untuk membuat hemoglobin.

Pada saat tidak ada zat besi yang cukup dalam aliran darah, seluruh tubuh tidak dapat mendapat jumlah oksigen yang dibutuhkan.

Zat besi yang terkandung dalam petai dapat mendorong pembuatan hemoglobin dalam darah, dan ini bisa menjadi pencegah timbulnya anemia.

Gejala anemia juga bisa teratasi jika anda mengonsumsi petai. Hal ini dikarenakan petai bisa mengatasi letih, lelah, lesu, lemas, pusing dan mual.

Meningkatkan energi dan stamina

Petai mengandung 3 gula alami yaitu, sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Jika dikombinasikan dengan serat, maka petai dapat bermanfaat unuk meningkatkan energi dan stamina.

Mengatasi mabuk

Manfaat petai untuk kesehatan selanjutnya adalah mengatasi mabuk akibat minum-minuman keras.

Cara mengatasi mabuk dengan petai adalah dengan membuat milkshake dari petai yang dicampurkan dengan madu.

Petai dapat membuat perut tenang, sementara madu akan berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah yang turun. Sedangkan susu akan menenangkan dan memperbaiki kadar cairan di dalam tubuh Anda.

Walaupun terdengar aneh, akan tetapi aroma yang ditimbulkan oleh petai dapat membangungkan seseorang yang sedang mabuk.

Anti kanker

Menurut penelitian, selain vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, ekstrak petai juga memiliki kandungan flavonoid, polyphenol, dan phytosterol.

Ketiga kandugan ini menunjukkan bahwa petay punya manfaat yang lainnya sebagai anti oksidan dalam kadar yang cukup tinggi.

Jika ditambah dengan kandungan asam thiazolidine-4-carboxylic di dalamnya, berarti petai juga bermanfaat sebagai anti kanker.

Meski petai punya manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, tapi perlu diketahui jika mengonsumsinya harus secara bijaksana.

Dan itulah tadi penjelasan tentang manfaat petai bagi kesehatan tubuh. Dan jangan sampai belebihan dalam mengkonsumsi petai, Makan secukupnya saja. SEMOGA BERMANFAAT

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Fahrul Fauzi

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *