7 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu-ibu Hamil

4 min


Air kelapa muda ternyata punya manfaat yang baik untuk kesehatan ibu-ibu hamil dan janin.
Pohon kelapa sendiri sering disebut sebagai pohon seribu manfaat, karena dari mulai ujung akar hingga ujung daun memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia.
Salah satunya buah kelapa, di dalam buah kelapa terdapat air yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan ibu-ibu hamil.Akan tetapi, disarakan untuk meminum air kelapa murni dari buah kelapa yang masih segar. Karena hal tersebut lebih baik dari air kelapa kemasan. Inilah 7 manfaat air kelapa muda bagi ibu-ibu hamil. Simak penjelasannya ya.

Membantu meningkatkan sistem imun

Manfaat air kelapa muda bagi ibu-ibu yang sedang mengandung yakni bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun.

Beberapa kandungan manfaat yang terdapat dalam air kelapa muda dapat meningkatkan sistem imun sehingga melindungi ibu hamil dan janin dari berbagai penyakit.

Mencegah sembelit

Sembelit merupakan salah satu masalah yang sering terjadi saat masa kehamilan. Hal tersebut karena peningkatan hormon progesteron dalam tubuh dan sebagai akibat dari penggunaan suplemen zat besi.

Air kelapa muda memiliki kandngan serat yang bermanfaat untuk mengatasi sembelit selama masa hamil.

Serat dapat melicinkan tinja dan membuat saluran pencernaan tetap terjaga dengan bersih serta dapat berfungsi dengan baik.

Tak hanya itu, air kelapa muda juga dapat berfungsi sebagai pencahar akami tapi ringan yang dapat membantu kerja usus tetap terjaga dan teratur.

Mencegah dehidrasi

Selain sembelit, ibu hamil juga sering mengalami morning sickness dan muntah-muntah. Hal tersebut memungkinkan risiko terjadinya dehidrasi.

Anda bisa mencegah dehidrasi dengan meminum air kelapa muda. Air kelapa muda berpungsi sebagai bentuk rehidrasi oral.

Selain itu, air kelapa memiliki asam amino yang sehat dan enzim lainnya yang dapat membantu melawan kelelahan dan dehidrasi.

Mengontrol tekanan darah

Manfaat air kelapa muda bagi kesehatan ibu hamil adalah untuk mengontrol tekanan darah.

Meminum air kelapa secara teratur bisa membantu ibu hamil mengendalikan tekanan darah. Hal tersebut disebabkan karena air kelapa muda memiliki kandungan potasium dan magnesium.

Mencegah infeksi saluran kemih

Air kelapa muda punya manfaat yang baik untuk ibu hamil. Air kelapa adalah diuretik alami, sehingga dengan mengonsumsi air kelapa akan membuat ibu hamil sering buang air kecil.

Hal ini dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Di mana ibu hamil mempunyaik risiko tinggi terhadap infeksi tersebut karena rahim yang berada tepat di atas kandung kemih membesar.

Selain itu, minum air kelapa muda juga dapat mengurangi risiko ibu hamil menghadapi persalinan prematur.

Namun memang jika sering minum air kelapa dapat meningkatkan intensitas buang air kecil.

Menghentikan mulas

Mulas ternyata sering juga dialami selama masa kehamilan. Hal tersebut karena perubahan hormonal dan tekanan pada perut yang diakibatkan oleh pertumbuhan rahim.

Air kelapa muda meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh. Air kelapa adalah penetral asam alami, dan karenanya mencegah mulas.

Mengobati infeksi

Manfaat air kelapa muda bagi kesehatan ibu hamil selanjutnya adalah dapat mengobati infeksi.

Kandungan vitamin, mineral esensial, dan antioksidan yang terkandungan dalam air kelapa dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, memberikan resistensi dan infeksi.

Selain itu, air kelapa muda juga mengandung asam laurat, asam lemak rantai sedang yang bertanggung jawab untuk produksi antivirus monolaurin yang kuat.

Laurat adalah asam penangkal penyakit yang membunuh bakteri berbahaya dan infeksi seperti flu, HIV, dan mempertahankan bakteri baik.

Nah, itu tadi teman-teman beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil. Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan yakni jangan minum air kelapa dalam jumlah yang berlebihan. Cukup minum dalam jumlah sedang dan sewajarnya saja.

Itulah tadi penjelasan dari manfaat air kelapa muda untuk kesehatan ibu hamil dan janin.semoga bermanfaat.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Fahrul Fauzi

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *