5 Makanan Penambah Darah Yang Sehat Dan Kaya Nutrisi
5 Makanan Penambah Darah Yang Sehat Dan Kaya Nutrisi

5 Makanan Penambah Darah Yang Sehat Dan Kaya Nutrisi

Diposting pada

Kekurangan darah merah bisa menyebabkan anemia atau kurang darah. Makanan penambah darah adalah salah satu cara yang tepat untuk memberikan tambahan darah dalam tubuh. Tanda-tanda kekurangan sel darah merah bisa berupa lesu, merasa lemas, pusing, jantung berdebar lebih cepat, dan kulit yang terlihat lebih pucat.

Sel darah merah sendiri memiliki tugas untuk membawa oksigen keseluruh tubuh.  Untuk membantu proses ini lebih lancar maka tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung zat-zat penting untuk memproduksi sel darah merah. Banyak sekali asupan makanan di sekitar kita yang dapat digunakan untuk menambah sel darah merah.

Jika anda kekurangan sel darah merah tetapi tidak dipenuhi dengan aspal dan bergizi ataupun tidak memberikan upaya untuk menambah sel darah merah maka bisa berbahaya bagi tubuh. Hal ini tentunya harus diwa sapai agar tidak membuat  tubuh anda semakin drop dan  akhirnya terserang sakit. Upayakan untuk mengkonsumsi makanan bergizi ketika tahu bahwa tubuh kekurangan arah.

Zat penting di dalam pembentukan sel darah merah

Pada proses pembentukan darah merah ada beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Proses penghantaran oksigen ke seluruh tubuh berjalan dengan baik jika jumlah sel adalah merah tidak menurun. Untuk itu penuhi beberapa zat berikut ini.

  1. Zat besi

Yang pertama adalah zat besi yang merupakan bagian dari hemoglobin pada sel darah merah. Hemoglobin ini akan berfungsi mengikat dan membawa oksigen pada seluruh tubuh. Sangat penting bagi anda untuk memenuhi asupan zat besi di dalam tubuh.

  1. Folat

Zat yang selanjutnya adalah folat atau asam folat, merupakan sejenis vitamin B yang bisa larut di dalam air.

  1. Vitamin B12

Selain besi dan asam folat membutuhkan sel darah merah jika membutuhkan vitamin B12 untuk memperlancar proses penambahan sel darah merah.

Sayur dan buah penambah darah

Makanan penambah darah sangat penting dikonsumsi ketika anda sedang berada pada kondisi kekurangan darah merah. Tidak berlebihan jika anda kekurangan darah merah sebab banyak sekali jenis makanan yang bisa digunakan seperti sayur dan buah.

  • Makanan pertama adalah bayam yang merupakan sumber zat besi dan sangat baik digunakan untuk mencegah anemia. Ada sekitar 6 mg yang bisa didapatkan dari sayur bayam yang sudah dimasak.
  • Kemudian ada kedelai yang merupakan sumber zat besi yang diperlukan pada proses metabolisme. 1.5 kacang kedelai setara 4 mg zat besi. Anda bisa mendapatkannya dari mengkonsumsi tahu, tempe, dan juga susu kedelai.
  • Plum merupakan buah yang bisa membantu mencukupi kebutuhan zat besi dan mencegah anemia.
  • Ada buah alpukat yang memiliki kadar zat besi yang tidak terlalu tinggi tetapi mengandung folat yang cukup tinggi sehingga berguna untuk menambah darah.
  • Buah pepaya bisa menjadi pilihan jika anda ingin mendapatkan followers lebih banyak. Dalam setengah pepaya memiliki kandungan 58 mikrogram folat. Mengkonsumsi pepaya yang dikombinasikan dengan buah-buahan sumber folat lainnya akan memenuhi kebutuhan folat harian Anda sehingga terhindar dari anemia.

Sebenarnya selain buah-buahan dan sayuran masih banyak juga makanan sehat yang memiliki kandungan untuk penambah darah. Misalnya saja daging segar yang juga memberikan zat penting untuk membantu darah anda tetap terjaga dan dalam keadaan stabil. Mengkonsumsi makananpenambah darah tidak hanya membuat sel darah merah anda stabil tetapi juga bisa digunakan untuk menjaga organ tubuh lainnya.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *