Lada Putih Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan


Lada putih sejak dahulu ternyata tidak hanya digunakan untuk bahan bumbu dapur. Namun, masyarakat sudah mengenalnya untuk digunakan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan. Bahkan, dunia medis secara internasional juga sudah memberikan perhatian yang sangat khusus untuk lada putih. Di indonsia, salah satu daerah yang mampu menghasilkan bumbu dapur tersebut adalah di Bangka Belitung, sebuah pulau yang sangat indah. Untuk anda yang ingin tahu apa saja khasiat dari rempah-rempah yang satu ini, berikut informasi yang harus anda simak.

1. Mencegah Arthritis

Anda juga bisa menggunakan rempah-rempah yang satu ini untuk mengatasi arthritis. Mengapa demikian? Menurut berbagai sumber, ladatersebut punya kandungan capsaicin yang sama seperti cabe. Cara kerjanya adalah sebagai antiinflamasi. Itulah mengapa, rempah-rempah tersebut mampu bekerja untuk para penderita arthritis dan mengatasi masalah nyeri pada otot.

2. Mengatasi Berat Badan

Lada tersebut punya manfaat yang sama dengan lada hitam. Fungsinya tak lain adalah untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Cara ini penting karena dapat membantu untuk membuat berat badan lekas turun. Rempah-rempah tersebut sangat penting digunakan untuk program diet karena kandungan capsaicin tersebut.

3. Obat Kanker

Hal mengejutkan lainnya yang ditemukan oleh berbagai penelitian adalah bahwa lada putih sangat berfungsi untuk mengobati kanker. Sebuah peenelitian dilakukan oleh universitas Nottingham Amerika, dimana Asosiasi Penelitian Kanker di universitas tersebut menyebutkan bahwa capsaicin juga bekerja untuk membasmi seluruh sel kanker. Temuan ini terbilang sangat bermanfaat, terutama untuk kanker prostat.

4. Obat Sakit Kepala

Apakah anda sering mengalami gangguan kesehatan sepreti sakit kepala? Sakit kepala itu bervariasi, dengan dampak yang ringan sampai yang paling berat yang bisa membuat anda harus tergeletak cukup lama karena merasa kepala yang berat dan tidak nyaman. Nah, anda bisa menggunakan lada putih untuk mengobatinya. Rasa sakit ini bisa muncul jika neuropeptida, sebuah zat tersebut mengirimkan signal ke otak dan terbaca sebagai rasa sakit.

Sama seperti lainnya, kandungan capsaicin pada lada tersebut akan memblokir seluruh transmisi yang terjadi. Sehingga, gejala sakit kepala dapat dikurangi.

5. Obat Batuk

Anda bisa menggunakan rempah-rempah tersebut sebagai obat batuk jika ditambahkan dengan madu dalam jumlah yang sedikit. Kombinasi kedua bahan alami ini sangat baik karena bekerja sebagai antibiotic sehingga akan mampu menghasilkan panas. Itulah mengapa anda bisa menggunakan kombinasi keduanya untuk mengobati batuk.

6. Obat Flu

Tidak ada yang merasa senang ketika flu muncul. Selain membuat hidung tersumbat, anda juga tidak akan merasa nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas. Dalam kasus ini, lada tersebut tidak jauh berbeda dengan lada hitam. Cara kerjanya adalah untuk menghasilkan panas yang nantinya akan membuat hidung yang tersumbat jadi lebih lega. Hal ini dikarenakan kandungan inflamasi dalam lada putih mampu bekerja untuk melawan infeksi yang ada di bagian hidung, sehingga saluran udara pun bersih. Anda pun bisa bernafas dengan jauh lebih baik.

7. Mengurangi Luka Lambung

Salah satu manfaat bagi anda yang rajin mengonsumsi lada putih adalah anda dapat mengurangi bakteri, atau bahkan membunuhnya, terutama bakteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan di bagian usus dan lambung. Sehingga, ketika anda rajin menggunakan bahan alami yang satu ini, maka anda pun dapat mencegah sakit perut yang muncul.

Itulah informasi tentang apa saja manfaat lada putih, semoga membantu!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Aulia SR

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *