Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah Dengan Aman
Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah Dengan Aman

Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah Dengan Aman

Diposting pada

Hemoglobin atau hb merupakan komponen dalam seld arah merah yang memiliki peranan sangat penting untuk mengikat oksigen di dalam darah. Hb normal menjadi ukuran dimana seseorang harus memilikinya, ketika tubuh kekurangan hemoglobin maka akan merasakan anemia dan dapat memberikan beberapa keluhan.

Hemoglobin merupakan protein kaya zat besi  di dalam sel darah merah yang memiliki tugas membawa oksigen menuju seluruh tubuh. Protein ini juga memberikan warna merah di dalam darah, agar dapat berfungsi dengan baik maka kadar hemoglobin dalam darah harus berada di kisaran yang normal. Kadar Hb normal untuk laki-laki dewasa adalah 14 sampai 18 g/dL.

Seseorang bisa dikatakan kekurangan hemoglobin jika kadar hb nya kurang dari batas normal. Kadar Hb seseorang bisa diketahui dari tes darah lengkap yaitu pemeriksaan sampel darah yang biasanya akan diambil dari pembuluh vena di lengan. Pada sebagian orang kadar Hb yang rendah bisa jadi tidak menimbulkan gejala. Namun jika kadar Hb terlalu rendah dan diberi gejala seperti mudah lelah, sakit kepala,d an sesak anfas maka kekurangan hemoglobin mungkin semakin besar dan berkembang menjadi penyakit anemia.

Beberapa Penyakit Yang Membuat Produksi Hemoglobin Menurun

Ada beberapa kondisi atau penyakit yang bisa menyebabkan seseorang menjadi kekurangan hemoglobin atau  Hb, di antaranya sebagai berikut.

  • Anemia defisinesi besi
  • Anemia aplastik
  • Gagal ginjal kronis atau kerusakan hati yang berat
  • Kanker darah
  • Kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan sel darah merah seperti vitamin B12 atau asam folat.
  • Hipotiroidisme
  • Efek samping obat-obatan tertentu, misalnya seperti obat kemoterapi dan antiretroviral untuk infeksi HIV.

Cara Mengatasi Kekurangan Hemoglobin

Kekurangan hemoglobin bisa diatasi dengan cara meningkatkan kadar hemoglobin atau mengobati penyakit yang bisa menyebabkan kadar hemoglobin berkurang. Setelah dokter sudah memastikan bahwa pasien kekurangan hemoglobin maka dokter biasanya akan memberikan saran untuk mengatasi kekurangan tersebut sampai menjadi hb normal. Seperti berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan.

  1. Meningkatkan asupan zat besi, folat, dan vitamin B12

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah meningkatkan asupan zat besi, folat, dan juga vitamin B12. Semua itu adalah nutrisi yang sangat penting dalam produksi sel darah merah yang kaya dengan hemoglobin. Oleh sebab itu jika tubuh kekurangan hemoglobin maka bisa makan seperti makanan berikut.

  • Daging
  • Hati sapi atau hati ayam
  • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan lainnya.
  • Makan makanan laut seperti kerang, ikan, dan udang
  • Kacang-kacangan seperti kacang hijau, kedelai, dan kacang merah
  • Sereal yang memiliki zat besi ataupun folat.
  1. Transfusi darah

Transfuse darah juga bisa membantu meningkatkan Hb ketika kondisi tubuh tidak mampu membuat Hb dengan normal. Misalnya saja penyakit thalasemia dan anemia sel sabit. Transfuse darah juga bisa diberikan kepada anemia berat ketika kadar Hb sudah jauh menurun.

  1. Terapi eritroprotein

Terapi eritroprotein merupakan terapi hormon yang digunakan untuk merangsang produksi sel darah merah. Pilihan terapi ini untuk anemia akibat ginjal berat yang membuat produksi hormone ertiroprotein tidak memadai. Penggunaan hormone ini juga dapat mengatasi anemia karena efek samping dari kemoterapi dan gangguan sumsum tulang.

Hemoglobin sangatlah penting bagi tubuh kita dan penting juga agar mendapatkan hb normal. Rutinlah memeriksakan darah untuk mengetahui hb anda, tetapi ketika anda mengalami keluhan seperti pusing dan lemas juga bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter agar bisa mengatasi hb rendah.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *