Pentingnya Tahu Golongan Darah Dari Berbagai Tipe
Pentingnya Tahu Golongan Darah Dari Berbagai Tipe

Pentingnya Tahu Golongan Darah Dari Berbagai Tipe

Diposting pada

Golongan darah setiap orang memang berbeda-beda dan dikelompokkan menjadi beberapa tipe, tipe Aku, B, AB, dan O. Status rhesusdarah juga dibagi menjadi negatif dan positif. Sangat penting untuk memperhatikan tipe darah ketika akan digunakan untuk penanganan medis. Begitu untuk anda juga harus tahu apa tipe darah anda.

Golongan darah seseorang akan ditentukan melalui ada atau tidaknya zat antigen di dalam sel darah merah dan plasma darah. Antigen tersebut berguna untuk tanda pengenalan sel tubuh. Hal ini akan membuat sel tubuh memahami, mana sel tubuh milik sendiri dan mana yang datang dari luar. Jika sel dengan antigen yang berlawanan masuk maka sistem kekebalan tubuh akan memberikan perlawanan pada sesuatu yang dianggap asing dengan cara memproduksi antibodi

Cara Mengelompokkan Darah

Ada dua teknik yang dapat dilakukan untuk mengelompokkannya darah, yaitu menggunakan sistem ABO atau Rhesus. Kedua sistem iniĀ  akan sangat membantu untuk mengelompokkan darah jika anda ketika akan melakukan transfusi darah. Melalui sistem ABO makan golongan darah akan dibagi menjadi empat seperti berikut.

  • Golongan A, maka dalam tubuh anda memiliki antigen A dalam memproduksi sel darah antibodi untuk melawan sel darah merah dengan antibodi.
  • Golongan B maka anda akan memiliki antigen B pada sel darah merah dan memproduksi antibody B untuk bisa melawan sel darah merah dengan antigen B.
  • Golongan AB, maka akan memiliki antigen A dan B pada sel darah merah. Ini juga berarti anda memiliki antibody A dan B pada plasma darah.
  • Golongan O maka anda tidak akan memilki antigen A atau B pada sel darah merah. Orang dengan golongan darah O akan memproduksi antibody A dan b di plasma darah.

Dulunya golongan darah O bisa melakukan donor darah pada siapapun. Tetapi saat ini sudah tidak dianjurkan. Golongan darah O negatif bisa saja memiliki antibody yang dapat menyebabkan reaksi serius selama transfusi darah sedang berlangsung. Sedangkan untuk golongan darah O positif boleh memberikan darahnya jika dalam keadaan yang darurat.

Sebaliknya, golongan darah AB bisa menerima semua transfusi dari semua golongan darah seperti A, B, AB, ataupun O. namun kalangan ini hanya mendonorokan darahnya pada mereka dengan jenis golongan darah AB saja.

Sedangkan untuk faktor rhesus ataupu antigen pada sel darah merah. Jika darah memilikif actor Rh maka dikatakan sebagai resus positif dan jika tidak memiliki makan faktor Rh maka dikatakan resus negatif. Orang yang memiliki Rh negatif bisa mendorkan darahnya kepada orang yang memiliki status Rh negatif dan juga Rh positif. Pendonor Rh positif hanya bisa memberikan darahnya kepada orang yang berstatus Rh positif saja.

Pengaruh Golongan Darah Orang Tua Pada Anak

Golongan darah orang tua akan menentukan golong darah anak. Tetapi harus diingat jika tdiak terlalu persis dengan ayah atau ibu. Berikut ini perpaduan golongan darah orang tua.

  • Golongan darah O dan O akan memiliki anak O
  • Golongan darah O dan A akan memiliki anak O atau A
  • Golongan darah O dan B akan memiliki anak O atau B
  • Golongan darah A dan A akan memiliki anak O atau A
  • Golongan darah A dan B akan memiliki anak O, A, B, atau AB
  • Golongan darah B dan B akan memiliki anak O atau B
  • Golongan darah AB dan O akan memiliki anak A atau B
  • Golongan darah AB dan A akan memiliki anak A, B, atau AB
  • Golongan darah AB dan B akan memiliki anak A, B, atau AB
  • Golongan darah AB dan AB akan memiliki anak A, B, atau AB

Itulah informasi seputar golongan darah yang dapat diberikan. Pastikan anda mengetahui tipe darah agar bisa mendapatkan penanganan tepat ketika sedang dalam keadaan yang darurat.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *