Karakteristik Dr Gigi Terdekat yang Bisa Dikunjungi Sesuai Kebutuhan
Karakteristik Dr Gigi Terdekat yang Bisa Dikunjungi Sesuai Kebutuhan

Karakteristik Dr Gigi Terdekat yang Bisa Dikunjungi Sesuai Kebutuhan

Diposting pada

Memeriksakan kesehatan gigi pada dr gigi terdekat adalah hal yang sangat penting. Anda harus menjaga kesehatan dan kebersihan gigi anda agar tidak menimbulkan masalah nantinya. Dokter gigi merupakan seorang dokter yang akan mempelajari ilmu kesehatan dan penyakit pada bagian gigi juga mulut.

Seorang dokter gigi memiliki kompetensi atau keahlian did alam mendiagnosis, mengobati, dan juga memberikan edukasi seputar pencegahan berbagai masalah kesehatan gigi, gusi dan mulut. Masih banyak orang yang menganggap bahwa ke dokter gigi hanya dibutuhkan ketika sedang mengalami sakit atau keluhan pada bagian gigi dan mulut. Padahal pemeriksaan gigi dan mulut haruslah rutin dilakukan paling tidak 2 kali dalam setahun sekalipun tidak ada gangguan pada gigi juga mulut yang sedang dirasakan.

Ada beberapa masalah kesehatan dan keluahan seputar gigi juga mulut yang ditangani oleh dokter gigi umum seperti berikut.

  • Gigi berlubang
  • Sakit gigi
  • Infeksi gigi dan gusi
  • Gigi copot ataupun tanggal
  • Gigi tidak bisa tumbuh atau ada impaksi gigi

Dalam menentukan langkah penanganan dokter gigi anda bisa memberikan pengobatan dan sejumlah tindakan medis pada gigi. namun untuk beberapa kasus tertentu dimana membutuhkan penanganan khusus maka dokter gigi akan memberikan rujukan pasien ke dokter gigi spesialis untuk mengatasi kasus-kasus tertentu sesuai dengan spesialisinya.

Kategori Spesialisasi Dokter Gigi

Berikut ini beberapa cabang spesialis dokter gigi yang ada di Indonesia.

  1. Endodontis

Endodontis merupakan dokter gigi spesialis yang memiliki kompetensi dan keahlian khusus untuk melakukan pencegahan, memberikan diagonosis, dan juga pengobatan pada pulpa dan akar gigi yang memiliki permasalahan.

  1. Spesialis penyakit mulut

Dokter gigi spesialis penyakit mulut ini merupakan dokter gigi yang menangani kasus-kasus penyakit gigi dan mulut dengan lebih spesifik. Penyakit yang akan ditangani seperti berikut.

  • Kanker mulut dan lidah
  • Infeksi bakteri karena jamur ataupun virus
  • Ada penyakit autoimun yang menyerang pada gusi dan mulut
  • Sariawan yang parah dan berulang.
  1. Spesialis bedah mulut

Dokter gigi yang menyelesaikan spesialis bedah mulut ini akan menjalani pendidikan kurang lebih 6 tahun. Anda akan dirujuk ke spesialis bedah mulut jika ada masalah pada gusi, gigi, lidah ataupun mulut untuk dilakukan pembedahan. Kondisi yang membutuhkan pembedahan dari dr gigi terdekat biasanya seperti tumor pada gigi, gusi, ataupun lidah, biopsy mulut, operasi rekonstruksi untuk mengatasi patah tulang rahang dan gigi, bibir sumbing, infeksi pada mulut, dan juga abeses gigi dan mulut.

  1. Ortodontis

Ortodontsi akan merujuk kepada dokteri gigi dimana bertugas mendiagnosis dan memperbaiki bentuk gigi yang kurang rapi ataupun sejajar.

  1. Periodontis

Dokter periodontis akan memberikan penanganan penyakit gusi dan tulang gigi. Beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh periodontis adalah gingivitis dan periodontis.

  1. Pedodontis

Pedodontis merupakan dokter gigi yang akan memberikan penanganan untuk semua masalah gigi dan mulut pada bayi sampai remaja. Jika anak anda memiliki gigi yang copot, gigi bengkok, gigi berlubang, ataupun infeksi gigi maka disarankan agar mengobati ke dokter gigi spesialis anak.

  1. Spesialis protodonsia

Spesialis protodonsia merupakan dokter yang bisa memasang gigi tiruan dan gigi palsu. Tidak hanya itu, dokter gigi spesialis ini juga bisa melakukan tindakan pemasangan crown gigi dan juga implant gigi palsu.

Itulah beberapa spesialis gigi yang bisa anda datangi sesuai dengan kebutuhan. Keluhan gigi tidak akan didapatkan jika anda bisa menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, mulut, dan gusi. Jika anda ingin memeriksakan gigi maka cobalah datang ke dr gigi terdekat di kota anda.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *