Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami Mudah dan Efektif
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami Mudah dan Efektif

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami Mudah dan Efektif

Diposting pada

Pernahkah anda memiliki masalah dengan kutu rambut? Cara menghilangkan kutu rambut menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Kutu rambut tidak hanya membuat rasa gatal  di kulit kepala tetapi juga bisa membuat rambut anda terlihat tidak sehat.

Anda bisa menggunakan banyak cara untuk mengatasi kutu pada rambut. selain menggunakan obat penghilang kutu rambut anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Dengan menggunakan bahan alami untuk mengatasi kutu rambut anda bisa melakukannya di rumah sebagai perawatan yang rutin. Namun sebelum memberikan pengobatan alami ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab Dan Gejala Kutu Rambut

Kutu rambut merupakan parasit kecil yang mengisap darah di kulit kepala. Untuk bisa hidup dan berkembang biak mereka memeng menggunakan darah manusia, biasanya sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Kutu rambut ini bisa menular dengan cepat.

Penularan yang terjadi ketika rambut bersentuhan dengan rambut penderita kutu rambut. tidak hanya itu, tetapi penularan kutu rambut juga bisa karena benda yang sama seperti sisir, topi, ataupun jepit rambut.

Ada beberapa keluhan yang sering dirasakan oleh para penderitanya, misalnya saja rasa gatal pada kulit kepala, leher, dan juga telingat. Tidak hanya itu tetapi jika terlalu banyak bisa saja menyebabkan rasa panas di kulit kepala. Gejala tersebut juga akan dirasakan dengan benar pada saat 2 – 6 minggu. Gatal yang dialami merupakan respin dari gigitan kutu dan reaksi alergi terhadap air liur kutu.

Tidak hanya rasa gatal tetapi ada juga rasa seperti ada yang bergerak di atas kepala dan adanya telur kutu yagn tampak menempel di bagian rambut. Mendapatkan kutu rambut sebenarnya sangat tidak nyaman bahkan bisa mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Untuk itu segera berikan penangan yang tepat untuk menghilangkan kutu rambut.

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Ada bannyak cara menghilangkan kutu rambut dan salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan yang digunakan juga mudah untuk didapatkan sehingga anda tidak perlu merasa khawatir. Berikut ini bahan yang bisa anda gunakan.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah bahan yang bisa digunakan untuk mengusir kutu pada rambut. Minyak zaitun ini penggunaannya sangat mudah, hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada rambut secara merata. Tidak hanya itu tetapi tutup rambut dengan shower cap ketika sudah menggunakan seama semalaman. Esok paginya anda bisa menyisir rambut agar telur kutu tidak menempel di dekat kulit kepala.

  • Sisir serit

Cara selanjutnya bisa juga menggunakan sisir serit. Anda hanya membutuhkan sisir yang rapat, jaraknya hanya sekitar 0.2 mm. Tujuannya dapat mengangkat lebih banyak kutu dan telur kutu. Bahkan yagn ada di dekat kepala juga bisa diangkat.

Disarankan untuk menyisir serit pada rambut yang basah. Pada saat rambut basah kutu akan bergerak dengan lambat sehingga akan mudah terlihat dan tertangka sisir serit. Tidak hanya itu tetapi anda juga harus melakukanny setiap hari sampai kutu benar-benar hilang.

  • Petroleum jelly

Menggunakan petroleum jelly juga bisa membantu mengatasi kutu pada rambut. Cara menggunakannya sama seperti minyak zaitun, anda hanya perlu mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala secara rata. Tutup dengan shower cap dan diamkan semalaman.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Menggunakan bahan alami juga tidak akan memberikan dampak yang berbahaya bagi kulit kepala.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *