7 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Pernahkah anda mengonsumsi pare? Pare adalah sayuran yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Kendati demikian, banyak orang yang berpikir dua kali untuk mengolahnya karena memang rasanya yang cukup pahit. Apalagi rasa tersebut seperti melekat, sehingga seringkali direbus untuk kemudian menjadi lalapan. Berikut adalah informasi lengkap tentang apa saja manfaat pare yang baik untuk kesehatan.

1. Rendah Kalori

Didalam sayuran ini, terdapat pasokan gizi yang cukup tinggi. Jumlah kalori yang anda dapatkan adalah 17 kalori untuk tiap 100 gramnya, yang mana itu adalah kalori yang cukup rendah. Selain itu, terdapat pula kandungan mineral, serat, fitonutrien, vitamin juga antioksidan.

2. Baik Untuk Penderita Diabetes Tipe-2

Phyto Nutrien dalam sayuran tersebut, salah satunya adalah polipetida-P yang merupakan insulin. Tanaman tersebut membuat kadar gula dalam darah menurun. Bahkan, agen hipoglikemik yang dijuluki sbagai charantin berperan untuk membuat penyerapan glukosa lebih maksimal. Juga glikogen dan sintesis yang ada dalam sel-sel hati, jaringan adipose dan juga otot. Senyawa ini bersama-sama bekerja untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga, sangat baik untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes tipe-2.

3.Bagus Untuk Janin

Pada pare segar terdapat asam folat sekitar 72 miligram per 100 gramnya. Folat dibutuhkan bagi ibu hamil saat fase kehamilan awal. Fungsinya adalah untuk mencegah adanya cacat tabung saraf pada janin.

4. Anti Kanker

Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin C. fungsinya tak lain adalah untuk memberikan pasokan antioksidan yang alami dan juga kuat untuk tubuh. Dengan demikian, dari sayuran inilah maka tubuh dapat melawan radikal bebas yang merusak sistem daya tahan tubuh.

Manfaat pare juga sangat besar yaitu untuk memberikan asupan flavonoid. Kandungan ini dibutuhkan tubuh sebagai sumber kesehatan yang bermanfaat. Hal ini dikarenakan dari flavonoid, maka tubuh akan mendapatkan pasokan ß-karoten, α-karoten, zeaxanthin, dan juga lutein. Kemudian, ada juga vitamin A. Seluruh kandungan tersebut akan bekerja untuk melawan radikal oksigen yang memicu penuaan dini, kanker dan penyakit serius lainnya.

5. Sumber Vitamin

Kandungan penting lainnya dalam sayuran yang satu ini adalah vitamin b kompleks. Bahkan, sayuran tersebut juga dikenal sebagai sumber untuk niasin, asam pantotenat, piridoksin, dan juga mineral penting lainnya termasuk magnesium, mangan, kalium, zat besi, dan seng.

6. Membantu Sistem Pencernaan

Kandungan serat didalam sayur pare ternyata dapat membantu sistem pencernaan yang sangat mudah. Bahkan, pare juga membantu melakukan gerakan peristaltic yang ada dari makanan sehingga dapat melewati usus kemudian juga membantu proses ekskresi. Itulah mengapa manfaat pare yang dikonsumsi setiap harinya secara rutin juga dapat digunakan untuk mencegah sembelit.

7. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat pare lainnya adalah mencegah adanya penuaan dini. Kandungan vitamin C pada sayuran tersebut akan bekerja sebagai antioksidan yang alami. Dengan adanya antioksidan, maka tubuh akan mampu mencegah radikal bebas yang memicu berbagai masalah, salah satunya adalah penuaan dini. Bahkan, anda juga dapat mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit.

Itulah informasi yang sangat lengkap tentang apa saja manfaat dari sayuran yang terkenal pahit ini, yaitu pare. Dengan demikian, anda bisa memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga bisa menggunakan sayuran tersebut sebagai terapi herbal, terapi pengobatan secara alami di rumah. Misalnya, dengan membuatnya sebagai jus atau sebagai lalapan dengan cara direbus. Semoga bermanfaat!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *