Warna Pisang Yang Anda Makan Memiliki Efek Kesehatan Yang Berbeda

3 min


Pisang adalah makanan yang paling gampang dijumpai karena masa berbuahnya tidak mengenal musim. Pisang telah diketahui memiliki banyak manfaat, di dalamnya terdapat sumber kalium yang baik bagi tubuh. Tetapi tahukah anda bahwa setiap warna pisang yang Anda makan akan menimbulkan efek kesehatan yang berbeda pula, dari hijau, gelap dan bintik-bintik.

1. Pisang Warna Hijau (mentah)

Pisang Warna Hijau

Apabila Anda mempunyai masalah dengan gula darah, maka pisang yang berwarna hijau bisa membantu mengendalikan tingkat gula darah. Indeks glikemik pada pisang yang berwarna hijau terbilang rendah sehingga dapat dijadikan camilan bagi orang yang ingin mengontrol kadar gula darah mereka. Selain itu, pisang hijau juga dapat membantu mencegah serta mengobati diare.

2. Pisang Kuning Kehijauan (mengkal)

Pisang Hijau Muda

Pisang ini bagus untuk menahan keinginan atau nafsu makan yang berlebih, Karena rasa kenyangnya bertahan lama meski tak seperti waktu mengkonsumsi daging merah. Disisi lain, pisang ini juga  dapat membantu menjaga kadar gula darah. Pisang kuning kehijauan juga mengandung banyak serat yang berguna bagi sistem pencernaan.

3. Pisang Warna Kuning (matang Sempurna)

Pisang kuning

Ya, inilah kategori pisang yang matang sempurna. Sistem pencernaan kita akan mampu mencerna pisang ini dengan baik. Antioksidan yang terdapat pada pisang yang telah masak atau matang sempurna akan membantu kita terlindung dari berbagai penyakit.

4. Pisang Dengan Bercak-bercak

pisang bercak bercak

Dalam kondisi yang seperti ini, pisang ini juga masih mengandung antioksidan yang sangat penting bagi tubuh, bahkan berhasiat bagi pasien untuk melawan tumor. Bercak-bercak coklat pada pisang tersebut dapat membantu memecah sel-sel abnormal dalam tubuh yang menyebabkan kanker. Namun, pisang ini biasanya sangat manis dan mengandung banyak gula, jadi hindari makan pisang berbintik-bintik jika anda bermasalah dengan gula darah.

5. Pisang Warna Coklat

pisang kecoklatan

Pisang ini yang paling lembut dan termanis serta kandungan tryptophan sangat tinggi sehingga dapat dapat mengurangi stres dan kecemasan bagi yang memakannya. Pisang ini juga kaya akan nutrisi yang menjaga kesehatan otot dan tulang.

Catatan*

Artikel ini dibuat berdasarkan pengetahuan kami dari berbagai sumber yang telah kami himpun dan hanya sebagai penambah informasi belaka, tidak bersifat mutlak serta bukan sebagai pengganti nasihat dari dokter anda. 

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Anjar S

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *