Cara Menghilang Bau Mulut Secara Alami Dan Ketahui Penyebabnya
Cara Menghilang Bau Mulut Secara Alami Dan Ketahui Penyebabnya

Cara Menghilang Bau Mulut  Secara Alami Dan Ketahui Penyebabnya

Diposting pada

Cara menghilang bau mulut menjadi hal cukup penting bagi beberapa orang. Bau mulut memang cukup mengganggu dan sering mengikis rasa percaya diri apalagi ketika sedang berbicara dihadapan orang lain. Bau mulut di dalam medis disebut juga dengan halitosis dimana kondisi tersebut dapat dialami oleh siapa saja. Ketika jarang menggosok gigi atau tidak menjaga kebersihan maka hal tersebut dapat menjadi penyebabnya.

Penyebab Bau Mulut

Ketika anda tidak rutin menggosok gigi setiap harinya maka akan membuat serpihan makanan tertinggal pada mulut. Hal ini juga bisa menjadikn bakteri muncul di serpihan tersebut dan mengeluarkan senyawa dengan bau yang kurang sedap pada mulut. Tentu saja hal ini harus dicegah dengan secepatnya.

Jika anda terus membiarkannya maka bakteri penyebab dari bau mulut tersebut akan terus berkembang biak dan menjadi semakin parah sehingga akan membentuk plak pada gigi. Jangan anggap remeh plak gigi sebab menyebabkan bau yang lebih parah. Untuk itu rutinlah membersihkan kesehatan mulut agar terhindari dari bau yang kurang sedap.

Tidak hanya karena jarang menggosok gigi tetapi kurangnya air liur juga bisa menyebabkan mulut kering dan dapat mengakibatkan bau mulut. Pasalnya air liur akan berperan untuk membersihkan makanan dan benda asing yang ada di dalam mulut. Bau mulut karena mulut yang kering dapat terjadi ketika baru bangun tidur apalagi jika tidur dengan keadaan mulut terbuka.

Penyebab lainnya juga bisa dikarenakan beberapa faktor berikut.

  • merokok ataupun mengkonsumsi minuman alkohol.
  • mengkonsumsi makanan dengan bau menyengat seperti petai ataupun bawang
  • adanya infeksi ataupun peradangan pada bagian rongga sinus, mulut, hidung, dan tenggorokan. Misalnya saja penyakit radang gusi, infeksi amandel, ataupun sinusitis.
  • Menderita penyakit asam lambung, kanker mulut, gangguan pada hati dan ginjal.

Cara Mengatasi Bau Mulut Alami

Untuk bisa mengatasi bau mulut maka anda harus rajin menggosok gigi dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Tidak hanya itu tetapi anda juga dianjurkan minum air putih sebagai cara menghilang bau mulut setelah bangun tidur. Tetapi berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi bau mulut.

  1. Susu

Jika anda sudah mengkonsumsi makanan dengan bau menyengat maka bisa mengkonsumsi susu setelahnya. Susu memiliki kandungan yang bisa menghilangkan bau mulut karena mengkonsumsi makanan dengan bau menyengat. Selain susu produk olahan serupa juga bisa seperti yogurt yang mengandung probiotik dan dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

  1. Jeruk

Selain susu anda juga bisa mencoba jeruk dimana kaya sekali kan vitamin C dan memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi air liur. Jika produksi air liur meningkat maka penyebab bau mulut juga akan berkurang. Bahkan vitamin C juga mencegah radang gusi dan sariawan.

  1. Teh hijau

Sudah sejak lama teh hijau diketahui sebagai bahan alami dengan kandungan zat antibakteri dan antioksidan yang tinggi. Hal tersebut dapat mengurangi peradangan. Kabar baiknya ternyata teh hijau ini juga bisa menghilangkan bau pada mulut. Cobalah tambahkan daun mint ke teh hijau agar semakin berkhasiat untuk mengatasi bau mulut.

Memiliki bau mulut tentu akan membuat anda merasa tidak percaya diri. Hal tersebut harus segera di atasi agar tidak semakin parah. Namun sangat penting juga bagi anda untuk mengetahui apa penyebab dari bau mulut yang diderita sebelum akhirnya memberikan penanganan dengan cara menghilang bau mulut secara alami.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *