6 Penyebab Buang Air Besar Berdarah Yang Bisa Membahayakan
6 Penyebab Buang Air Besar Berdarah Yang Bisa Membahayakan

6 Penyebab Buang Air Besar Berdarah Yang Bisa Membahayakan

Diposting pada

Apakah anda pernah mengalami buang air besar berdarah? Jika memang iya mungkin kondisi ini membuat anda merasa khawatir. Hal tersebut memang tidak disalahkan sebab buang air besar yang mengeluarkan darah bisa menjadi salah satu tanda ada masalah yang serius sekalipun tidak selalu. Ada banyak sekali penyebab mengapa buang air besar bisa berdarah dan tingkat keparahannya juga bermacam-macam. Ketahui lebih lanjut cara memanfaatkan daun binahong untuk kesehatan usus.

Tidak jarang kondisi buang air besar dengan darah juga diiringi dengan warna tinja berwarna  hitam atau kondisi tersebut menandakan bahwa sumber pendarahan bisa dari saluran cerna bagian atas. Setiap penyebab buang air besar dengan darah berbeda-beda dan membutuhkan penanganan yang berbeda. Untuk itu sebelum mengobatinya anda harus tahu mengapa sampai ketika buang air besar keluar darahnya.

Penyebab BAB yang Berdarah

Darah yang ada di dalam tinja bisa menjadi tanda adanya penarahan di bagian saluran cerna. Jumlahnya bisa sedikit tetapi beberapa kondisi juga bisa banyak. Berikut ini beberapa penyebab mengapa ada pendarahan ketika anda sedang buang air besar. Baca selengkapnya mengatasi gangguan p0encernaan menggunakan kencur.

  1. Wasir

Kemungkinan penyebab pertama adalah wasir, dimana keadaan pembuluh darah terletak di sekitar anus membengkak. Secara umum ada dua jenis wasir, yaitu eksternal dan internal. Mengejan yang terlalu kuat juga bisa membuat BAB mengalami pendarahan. Gejala wasir umumnya juga merasakan gatal atau tidak nyaman di sekitar anus.

  1. Fisura Ani

Selanjutnya ada penyakit Fisura Ani yang merupakan robekan pada lapisan dinding anus dan menyebabkan rasa sakit ketika anda hendak melakukan BAB. Luka ini terpada pada dinding anus dan memberikan dampak BAB akan berdarah dengan arah segar berwarna merah disertai nyeri.

  1. Fistula Ani

Berbeda dengan Fisura Ani, ada Fistula Ani yang merupakan saluran terbentuk antara ujung usus besar dan kulit di sekitar anus. Kondisi ini juga bisa menyebabkan BAB menjadi berdarah dan merasakan sakit yang luar biasa. Bahkan jika tidak diobati bisa menyebabkan infeksi pada anus atau abses anus.

  1. Penyakit radang usus

Penyebab buang air besar berdarah selanjutnya adalah penyakit radang usu seperti colitis ulseratif dan penyakit Crohn. Penyakit tersebut timbul dikarenakan peradangan yang terjadi pada usus. Penyakit ini juga bisa membuat anda mengalami sakit perut, kelelahan, diare berat, penurunan berat badan, BAB, dan juga kekurangan gizi.

  1. Penyakit Divertikular

Divetikula adalah kantong kecil yang letaknya di dinding usus besar. Normalnya kantong ini tidak akan memberikan masalah tetapi tidak jarang juga ada kondisi infeksi sehingga menyebabkan BAB menjadi berdarah.

  1. Kanker dan polip usus besar

Mengerikannya lagi BAB yang berdarah bisa juga disebabkan kanker kolorektal dan gejala polip usu besar. Tidak jarang pendarahan juga bisa bersifat internal dimana tidak bisa dilihat oleh mata. Polip merupakan benjolan yang tumbuh pada dinding usus besar. Benjolan ini bisa jinak tetapi bisa juga merupakan bentuk awal dari keganasan kanker. Gejala dari kolorektal yang harus diwaspadai oleh penderita buang air besar dengan darah adalah penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, pucat, lemas, konstipasi, dan nyeri ketika selesai BAB.

Mengetahui penyebab dari BAB yang berdarah sangatlah penting untuk bisa mengetahui apa penyebab pastinya dan bagaimana cara menanganinya. BAB dengan darah tidak bisa dianggap sesuatu hal yang sepele sebab bisa juga memberikan dampak berbahaya dimana penyakit ganas akan timbul dan menyerang kesehatan tubuh anda. Periksakan  dengan segera jika anda sudah mengalami pendarahan pada tinja.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *