5 Manfaat Daun Legundi Untuk Kesehatan
5 Manfaat Daun Legundi Untuk Kesehatan

5 Manfaat Daun Legundi Untuk Kesehatan Tubuh

Diposting pada

Daun legundi – Tanaman ini dalam bahasa latin dikenal dengan Vitex Trifolia L. Dimana merupakan tanaman yang ada di daerah tropis. Tanaman yang tumbuh dari 1 sampai 4 meter ini juga sangat terkenal di dunia medis. Selain memiliki banyak khasiat, tanaman tersebut juga dapat digunakan untuk obat berbagai penyakit. Berikut adala berbagai manfaat yang dapat anda temukan pada tanaman yang satu ini.

1. Kaya Nutrisi

Tanaman tersebut memiliki kandungann luteolin, artemetin, viteksin, casticin, sitosterol, friedelin, glukosida, triterpenoid friedelin, trimetil quertcatagetin, isoorientin, dan juga glukuronid. Kandungan antioksidannya yang sangat tinggi di bagian daun legundi juga buahnya dikarenakan adanya flavonoid, sterol, dan tripenoid. Seluruh bagian tanaman juga punya kandungan minyak atsiri dengan komposisi kamfer, sineol terpinylasetat, dan pinen.

2. Obat Cacingan

Obat cacingan adalah salah satu yang dapat anda manfaatkan dari daun legundi. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Pertama, siapkan daun legundi, sekitar 15 gram. Lalu, daun legundi di rebus terlebih dahulu sekitar 15 menit. Pastikan merebusnya sampai benar-benar mendidih, dan kemudian diamkan. Jika sudah dingin, anda bisa menyaring lalu meminum air rebusannya.

2. Obat TBC dan Paru-Paru

Daun legundi yang dibutuhkan untuk pengobatan ini adalah sekitar setengah genggam. Kemudian, tambah juga dengan daun waru legis 5 lembar, yang masih muda. Parut bidara upas, sampai sebanyak 1 sendok makan. Juga, tambahkan daun pegagan 1/4 genggaman. Anda juga membutuhkan parutan kencur 1 sendok makan.

Jika semua bahan sudah siap, maka tahap selanjutnya adalah merebus semua bahan tersebut dengan  enam gelas air. Rebus sampai air hanya tersisa 3 gelas. Minum ramuan tersebut jika sudah dingin dan sudah disaring. Ramuan ini harus diminum sebanyak 4 kali dalam sehari dan dilakukan rutin hingga 3 bulan.

3. Obat Batuk

Bagaimana cara menggunakan daun legundi untuk obat batuk? Anda akan membutuhkan 5 gram daun legundi, 6 gram ruas kencur, 5 gram kunyit, dan 115 mili liter air. Lalu, jika semua bahan sudah siap, rebus dengan air dan biarkan mendidih sampai 15 menit. Jika sudah matang, diamkan dan saring, kemudian minum sebanyak satu kali sehari secara rutin. Pengobatan ini harus dilakukan selama 14 hari secara rutin.

4. Obat Untuk Pembesaran Rahim

Daun legundi segenggam dapat digunakan untuk mengobati pembesaran rahim. Kemudian, tambahkan juga temu hitam 6 gram dan 1 liter air. Lalu, jika bahan sudah siap maka rebuslah air sampai mendidih. Setelah matang, biarkan selama beberapa menit dan minum ramuan tersebut sehari sekali secara ruti selama 7 hari.

5. Obat Limpa

Penyakit limpa dapat diobati dengan daun tanaman yang satu ini. Caranya dengan menyiapkan satu genggam daun segar tanaman legundi dan cuka. Setelah itu, tumbuk daun dan campurkan dengan sedikit cuka. Terakhir, tempelkan daun tersebut pada bagian perut sebelah kiri. Di bagian tersebut adalah letak organ limpa.

Selain digunakan untuk berbagai penyakit di atas, daun legundi juga cocok digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, radang tenggorokan, dan muntah darah. Ketika anda menggunakan daun tanaman tersebut sebagai tanaman herbal, maka pastikan bahwa anda melakukannya secara rutin. Cara ini bahkan lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia dan tidak menyebabkan efek samping yang justru merugikan kesehatan anda. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh!

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *