Apa Manfaat Hidup Rukun Dalam Keluarga Atau Masyarakat

3 min


Apa manfaat hidup rukun dalam keluarga atau masyarakat? Tentu saja, untuk membahas hal tersebut sangat penting untuk mencari tahu seperti apa gambaran hidup rukun. Dalam hubungan keluarga atau masyarakat, kerukunan sangat penting untuk dipelihara. Hal ini dikarenakan manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa mengerjakan tugasnya sendiri.

Nah, berikut adalah jawaban tentang apa manfaat hidup rukun dengan keluarga dan masyarakat secara umum:

1. Membangun Komunikasi

Kerukunan dalam keluarga dan masyarakat akan melahirkan cara komunikasi yang baik. Jika rukun dengan keluarga atau masyarakat, maka dapat menciptakan rasa nyaman. Hal ini karena memang komunikasi baik akan mengurangi konflik.

2. Hidup Lebih Harmonis

Tawuran antar desa, saling melukai antara satu saudara dengan saudara yang lain adalah beberapa contoh jika kerukunan tidak dijaga dengan baik. Sebaliknya, apa manfaat hidup rukun jika kita mampu memeliharanya?

Maka, suasana hidup berdampingan jadi lebih harmonis. Hubungan bersama keluarga dan masyarakat yang baik pasti akan menghasilkan hasil hubungan yang baik. Jika ada masalah, maka pasti selalu ada tangan orang lain yang akan membantu.

Hal ini terjadi karena komunikasi sudah terjalin dengan baik. Sehingga, lebih banyak kesadaran dari orang lain untuk terus membantu.

3. Membuat Keadaan Aman dan Tentram

Hidup rukun sangatlah bermanfaat karena melahirkan lingkungan yang aman juga tentram. Kehidupan sehari-hari juga tidak pernah ada rasa kuatir atau ancaman. Jadi, satu sama lain tidak akan saling mengganggu. Bahkan, jika sedang kesusahan, maka akan saling bantu sesama.

4. Mempererat Tali Persaudaraan

Hidup rukun juga sangat bermanfaat karena akan membuat hubungan jadi lebih erat. Persatuan juga kesatuan antar masyarakat jadi benar-benar terjaga. Tidak heran jika suasana kampung yang sangat rukun satu sama lain akan terasa lebih damai dan nyaman untuk terus dikunjungi. Bahkan, walaupun menjadi orang asing di tempat tersebut, tetap saja kampung seperti akan membuat siapapun merasa betah sehingga ingin singgah kembali.

5. Mencegah Perselisihan

Perselisihan seringkali muncul dikarenakan adanya kesalahpahaman antara satu dengan yang lain. Hal ini terjadi karena tidak adanya komunikasi yang baik. Berbeda jika sejak awal satu sama lain bisa berkomunikasi dengan baik. Walaupun terdapat sedikit sudut pandang yang berbeda, maka akan dapat diselesaikan dengan baik.

Sebaliknya, perselisihan ketika kurangnya komunikasi hanya akan membuat masalah yang semula kecil menjadi besar. Bahkan saudara dengan saudara lainnya bisa dengan mudah diadu domba oleh orang lain. Karena memang tidak ada komunikasi yang baik, maka perselisihan sangat mudah dan sering untuk terjadi.

6. Punya Lebih Banyak Teman

Salah satu keuntungan paling besar ketika menjaga kerukunan adalah jaringan pertemanan jadi lebih luas. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena, sebagai individu yang mampu menjaga kerukunan, maka sudah mampu menjalin komunikasi yang baik. Bahkan, bisa juga dengan lebih mampu menerima sudut pandang orang lain yang berbeda.

Pribadi yang mampu menjaga kerukunan juga mampu menciptakan rasa nyaman bagi siapapun yang dekat dengannya, sehingga terciptalah hubungan yang damai yang terus meluas. Suasana akrab dengan siapapun membuat semakin banyak teman yang betah untuk terus berhubungan dengan pribadi seperti ini.

Kerukunan adalah perilaku yang wajib dipelihara. Hal ini sangat mencerminkan perilaku pengertian untuk menjaga persaudaraan, persahabatan, dan perdamaian. Itulah mengapa kesan baik dan nyaman, sehingga jarang punya konflik atau berselisih dengan keluarga atau masyarakat.

Nah, setelah kita tahu apa manfaat hidup rukun, mari bersama-sama untuk saling menjaga diri dari perselisihan agar hidup tetap tentram dan damai.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

alenakholiss

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *