Penyebab Rambut Rontok dan Cara Pencegahan Secara Alami


Bagi para wanita rambut adalah sebuah mahkota sekalipun begitu para pria juga menginginkan rambut yang sehat. Mengetahui penyebab rambut rontok sangatlah penting untuk menjaganya. Kehilangan helaian rambut setiap hari memang bisa jadi hal yang normal. Tetapi jika rambut rontok lebih dari 100 helai dalam satu hari tentu sudah tidak bisa dianggap normal. Ada banyak sekali penyebab rambut yang rontoknya berlebihan.

Rambut yang rontok hanya sekitar 50 sampai 100 helai dalam sehari bisa dikatakan wajar sebab tidak akan menyebabkan kebotakan. Rambut baru akan tumbuh menggantikan rambut yang rontok tersebut. Hal yang harus dikhawatirkan adalah jika rambut rontoknya berlebihan dan pertumbuhan rambut yang melambat atau justru terhenti. Untuk jika anda memang menginginkan rambut sehat jaga dengan memberikan asupan vitamin dan menghindari penyebab kerontokan.

Penyebab Rambut Rontok Terlalu Banyak

Rambut rontok yang terlalu berlebih bisa disebut juga dengan telogen effluvium. Kerontokan ini akan terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga  tidak akan menyebabkan kebotakan hanya pada satu area saja. Lantas apa penyebabnya?

  • Stress, penyebab pertama apalagi jika stress secara emosional misalnya saja keluarga yang sedang sakit parah, menjalani proses perceraian, kehilangan pekerjaan, dan masih banyak yang lainnya.
  • Stress fisik juga bisa tetapi yang intensif seperti beban pekerjaan yang tinggi dan melahirkan.
  • Adanya perubahan hormonal seperti yang terjadi pada wanita sedang hamil
  • Kekurangan gizi juga bisa menyebabkan kerontokan. Apalagi jika anda kekurangan protein dan zat besi.
  • Menderit penyakit tertentu seperti penyakit kelenjar tiroid, infeksi jamur di kepala, infeksi berat, penyakit autouimun, dan sebagainya.
  • Efek samping dari obat-obatan seperti pemakaian pil KB, vitamin A dosis tinggi, obat antidepresan, dan juga obat hormonal.
  • Demam yang tinggi atau anemia.
  • Berat badan turun lebih dari 9 kg.
  • Baru saja sembuh dari sakit.
  • Menjalani pengobatan tertentu, misalnya saja kemoterapi.
  • Penggunaan produk prawatan rambut berbahan keras seperti cat rambut, bleaching rambut, atau terlalu sering menggunakan pemanas rambut.

Salah satu dari penyebab rambut rontok di atas memang bisa menyebabkan kerontokan. Tetapi tidak semua orang yang mengalami keadaan tersebut juga akan mengalami penyebab rambut rontok.

Mencegah Rambut Rontok yang Berlebihan

Agar rambut rontok berlebihan tidak menjadi semakin parah maka anda dapat melakukan pencegahan. Ada banyak sekali pencegahan yang bisa dilakukan dengan membatasi penataan rambut menggunakan pemanas dan bahan kimia, seperti mencatok, mewarnai rambut, dan mengeritingkan rambut. Selain itu coba hindari untuk mengikat rambut dan menyisirnya ketika di dalam keadaan yang basah. Anda juga bisa menggunakan sampo bayi yang cenderung lembut untuk mencuci rambut.

Tidak hanya itu, tetapi perawatan menggunakan bahan alami juga dianjurkan, misalnya saja menggunakan lidah buaya, masker madu untuk rambut, minyak kemiri, ataupun minyak zaitun. Semua bahan alami tersebut akan menjaga dan memberikan nutrisi tepat untuk rambut anda sehingga akan jauh dari kerontokan, entah itu yang ringan ataupun yang berlebihan.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok dan pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok. Memang sangat tidak nyaman jika rambut rontok terlalu sering jadi pastikan menjaga kesehatan rambut. Jangan juga terlalu stress sehingga akan membuat rambut anda semakin rontok. Jika rambut anda sehat dan kuat tentunya akan merasa percara diri dalam berpenampilan.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Agung Sup

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *