Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab Dan Solusinya

7 min


Rasa sakit adalah cara kerja alami tubuh untuk memberi peringatan pada Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi dengan kesehatan tubuh. Namun, ada juga rasa sakit yang tidak perlu dikhawatirkan, tapi ada pula yang merupakan sinyal penting yang tidak boleh diabaikan dan harus mendapatkan penanganan khusus.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Secara medis, penyebab sakit kepala dapat terganggunya struktur penyusun kepala itu sendiri, termasuk pembuluh darah, otot, dan saraf. Sakit kepala juga mungkin dipengaruhi oleh faktor lain seperti penyakit pada anggota tubuh lain hingga situasi lingkungan dan kondisi psikis.

Berikut adalah penyebab sakit kepala bagian belakang yang harus Anda ketahui:

1. Sakit kepala tegang (tension headache)

Salah satu kondisi yang paling umum yang dapat menyebabkan rasa sakit di kepala bagian belakang. Rasa sakit ini sangat singkat, sekitar 30 menit namun terkadang bisa berlangsung hingga tujuh hari.

2. Migrain basilar

Tidak seperti migrain pada umumnya yang terasa di salah satu sisi kepala, migrain Basilar bisa terasa hingga belakang kepala, tepatnya pada arteri basilar. Migrain ini kerap diawali dengan pandangan kabur, telinga berdenging, pusing, serta muncul gangguan mendengar maupun berbicara.

3. Sakit kepala cluster

Sakit kepala ini terjadi setiap periode cluster. Artinya, penyakit ini muncul pada saat tertentu dan bisa terjadi berulang-ulang dalam sehari. Satu periode cluster bisa berlangsung berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit yang amat sangat di bagian belakang kepala dan akan terasa semakin parah saat Anda berbaring. Namun, Sakit kepala ini jarang terjadi.

4. Oksipital neuralgia

Kondisi yang terjadi saat saraf yang menjalar dari bagian belakang leher, tulang belakang, hingga paha mengalami kerusakan atau iritasi. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit di leher yang lama-kelamaan menjalar hingga ke bagian belakang kepala dan belakang telinga. Rasa sakitnya tajam menusuk dan berdenyut-denyut.

5. Arthritis

Rasa sakit kepala bagian belakang dapat juga disebabkan oleh arthritis, yaitu kondisi yang disebabkan karena terjadi peradangan di area leher dan sekitarnya. Saat mengalaminya, pergerakan yang Anda lakukan mungkin memperparah sakit yang Anda rasakan. Rasa sakit ini bisa disebabkan oleh rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

6. Saraf terjepit

Adanya saraf yang terjepit di tulang belakang dapat menyebabkan rasa sakit dan tertekan di bagian leher. Hal ini bisa menyebabkan sakit kepala yang disebut servikogenik. Gejala yang mungkin Anda alami adalah rasa kurang nyaman di bagian bahu dan lengan bagian atas. Kondisi ini mungkin meningkat saat Anda berbaring. Anda mungkin akan terbangun karena rasa sakit yang Anda rasakan mengganggu tidur Anda. Bahkan, saat berbaring Anda mungkin juga akan merasakan adanya tekanan seperti beban berat yang menimpa bagian atas kepala Anda.

7. Stres dan rasa lapar

Bisa disebabkan karena waktu tidur yang sedikit, stres hingga rasa lapar. Saat kambuh, seseorang akan merasa tegang dan ada tekanan di bagian dahi atau rasa sakit kepala bagian belakang dan leher selama sekitar 30 menit hingga beberapa hari.

8. Neuralgia trigeminal

Neuralgia trigeminal merupakan penyebab lain nyeri di sisi kanan bagian belakang kepala. Neuralgia trigeminal disebabkan oleh pembuluh darah yang menjepit saraf trigeminal dan bisa menyebabkan rasa sakit di wajah dan sakit kepala belakang.

Cara Alternative yang dapat menyembuhkan sakit kepala belakang

Cara ini mungkin bisa kamu coba agar sakit kepala tidak mengganggu aktivitas harianmu.

1. Jangan Lewatkan makan ataupun kurang minum. Situs Healthline mengatakan bahwa dehidrasi adalah salah satu alasan utama sakit kepala.

2. Meditasi ataupun duduk di tempat gelap. Cahaya dan suara bisa menjadi pemicu sakit kepala, terutama migrain. Metode ini dikombinasikan dengan pengobatan lain seperti istirahat, dapat membantu meredakan gejala sakit kepala. Namun, tentunya bergantung pada tipe sakit kepala yang kamu rasakan.

3. Rilex. Istirahat cukup tak hanya berbaring ketika sakit kepala datang. Stres juga bisa membuat kepala menegang, artinya kita mungkin memerlukan tidur yang cukup.

4. Obat. Obat-obatan antinyeri seperti asetaminofen, aspirin atau ibuprofen. Ada baiknya anda harus berkonsultasi kepada dokter untuk mencari tahu obat yang tepat.

5. Pemijatan. Akupresur bisa menjadi alternatif pengobatan sakit kepala.

6. Gunakan Es batu. Caranya, cukup usapkan dikepala terutama are belakang hingga ke dua sisi telinga. Sebab, pembuluh darah daerah tersebut dekat dengan permukaan. Menurut Dr. Jacqueline Darna, pakar naturopati dengan background anastesiologi dan pendiri NoMo Nausea menjelaskan, sakit kepala sementara ataupun migrain juga bisa diredakan dengan menggunakan terapi es batu.

7. Pakailah bantalan hangat atau mandi dengan air hangat. dikutip dari WebMD, bantalan hangat mampu meredakan sakit kepala.

8. Konsumsi jahe. Jahe sangat efektif meredakan sakit otot dan peradangan. Direkomendasikan mengkonsumsi campuran teh jahe dan jahe segar. Selain itu jahe juga bisa menghilangkan rasa mual yang diakibatkan migrain atau sakit kepala lainnya.

9. Suplemen seperti magnesium dan vitamin B12 dapat membantu meredakan sakit kepala. konsultasikan pada dokter dahulu.

10. Istirahat yang cukup dan hindari aktifitas menonton layar TV ataupun Laptop.

Menyembuhkan Sakit Kepala Belakang Dengan Pemijatan

Berikut ini 6 titik bagian tubuh yang bisa dipijat untuk meredakan sakit kepala.

1. Pada telapak tangan

Tekan dengan mengunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memijat telapak tangan sebelah kanan ataupun kiri, posisi tepat di antara ibu jari dan jari telunjuk.

Tekan selama 10 detik lalu lepaskan. Selanjutnya tekan lagi bagian tersebut sambil memutarkannya searah jarum jam selama 10 detik dan sebaliknya selama 10 detik. Ulangi cara yang sama dengan tangan yang satunya.

2. Pada pergelangan kaki

Tekan bagian pergelangan kaki selama 4-5 detik lalu pijatlah dengan gerakan memutar perlahan.

3. Pada tengkuk leher

Pijat bagian tengkuk leher kepala bagian belakang. Tekan selama 10 detik lalu lepaskan dan lakukan berulang.

pemijatan Pada tengkuk leher untuk meredakan sakit kepala

4. Area Tulang hidung di antara kedua mata

Tekan dengan denagn ibu jari atau telunjuk secara kuat di area tulang hidung bagian atas yang terletak antara kedua mata selama 10 detik lalu lepaskan dan ulangi lagi dengan pijatan kecil secara bersamaan.

Area Tulang hidung di antara kedua mata

5. Pada kedua bahu atau pangkal leher

Tekan kedua bahu atau pangkal leher selama 1 menit sambil memijatnya perlahan. Lakukan secara berulang.

6. Area pelipis

Seperti yang biasa orang lakukan, tekan dan pijat memutar kedua pelipis menggunakan jari telunjuk secara bersamaan juga bisa meredakan sakit kepala migrain.

pemijatan Area pelipis

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Maz Iwan

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *