Gejala Dan Pengobatan Penyakit Asam Lambung

3 min


Penyakit asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat sering ditemukan di sekitar kita. Penyakit tersebut memiliki nama lain gastreosophageal reflux disease atau GERD dimana kondisi ini akan membuat pasien merasakan rasa terbakar di bagian dada karena asam lambung naik pada kerongkongan. Gejala ini biasanya muncul dua kali dalam satu minggu.

Asam lambung yang sedang naik bisa dialami oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Gejala penyakit ini sering diduga karena serangan jantung ataupun penyakit jantung koroner sebab gejalanya memang mirip adanya rasa nyeri pada bagian dada. Sekalipun tidak mematikan tetapi penyakit ini harus ditangani agar tidak menyebabkan keadaan yang makin berbahaya atau komplikasi.

Gejala Asam Lambung

Gejala asam lambung yang naik ini ada rasa seperti terbakar did alam dada, rasa sakitnya akan bertambah parah setelah anda makan ataupun berbaring. Gejala ini sering sekali disertai dengan keluhan adanya gangguan pencernaan lainnya. Berikut ini beberapa gejala yang juga ikut menyertai asam lambung sedang naik.

  • Lebih sering bersendawa
  • Terasa mula dan muntah
  • Sakit maag sangat terasa dibarengi dengan sesak nafas
  • Mulut terasa sangat asam

Tidak semua gejala tersebut akan dialami oleh penderita asam lambung, hanya sebagian besarnya saja. Ketika asam lambung menyerang sudah pasti memberikan rasa yang sangat tidak nyaman bagi para penderitanya. Untuk itu segera periksakan ketika sudah mendapatkan gejala yang hampir sama.

Penyebab Asam Lambung

Untuk penyebab dari penyakit yang satu ini karena asam pada lambung naik ke kerongkongan atau refluks asam lambung. Hal tersebut terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah melemah. Harusnya otot tersebut berkontraksi dan menutup saluran di kerongkongan setelah maka dan turun pada lambung. Tetapi jika oto ini lemah maka kerongkongan akan terbuka dan asam lambung menjadi naik.

Kondisi ini akan beresiko pada seseorang dengan usia lanjut, orang yang memiliki obesitas, perokok, orang yang sering berbaring setelah makan, dan juga wanita hamil. Namun tidak menutup kemungkinan orang yang sehat juga dapat terserang penyakit asam lambung ini.

Diagnosis Asam Lambung

Untuk diagnosisnya dimulai dari keluhan dada yang terasa terbakar dan dirasakan paling tidak 2 kali dalam satu minggu. Jika pasien datang dengan keluhan seperti ini maka dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga beberapa tes untuk menunjang. Pemeriksaan dapat dilakukan oleh dokter gastroskopi, foto rontgen, pemeriksaan pH di kerongokongan, dan juga tes kekuatan otot krongkongan.

Semua tes yang dilakukan demi melihat apakah ada masalah dengan oto kerongkongan dimana tidak mampu tertutup dan menyebabkan asam lambung naik. Jika memang hasil tes menunjukkan adanya masalah pada kerongkongan maka dokter selanjutnya akan memberikan penanganan yang lainnya.

Pengobatan Asam Lambung

Pengobatan GERDĀ  sendiri bisa diatasi dengan mengubah perilaku sehari-hariĀ  misalnya saja seperti menurunkan berat badan, tidak berbaring setelah makan, dan bisa juga berhenti merokok. Dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk menghentikan asam lambung. Obat yang diberikan hanya untuk menetralkan asal lambung, menurunkan produksi asam lambung, dan juga obat mempercepat pengosongan lambung. Tetapi jika cara tersebut masih belum bisa mengatasi maka akan dilakukan operasi.

Itulah informasi seputar asal lambung yang harus anda ketahui. Jadi jika ada rasa terbakar pada dada disertai dengan beberapa gejala penyakit asam lambung maka ada baiknya segera periksakan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Maz Iwan

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *