5 Cara Promosi di Instagram Bagi Pemula

5 Cara Jitu Promosi di Instagram Bagi Pemula

Diposting pada

Instagram adalah salah satu sosial media yang sangat digemari oleh banyak penjual saat ini. Sehingga kamu bisa menggunakan Instagram sebagai cara jualan secara online walaupun bisnis Kamu tergolong baru atau Kamu adalah seorang pemula. Apalagi Jika kamu memiliki akun Instagram yang populer sudah pasti kamu punya banyak mata untuk melihat apa sih produk yang kamu tawarkan.

Jadi sampai saat ini adalah bukan hal yang aneh jika social media seperti Instagram digunakan untuk lapak jualan. Jadi apa yang harus dilakukan adalah mencari cara promosi di ig. Sehingga kamu bisa mempelajari apa saja tips agar barang-barang yang kamu tawarkan di Instagram bisa menarik pembeli dan dapat melakukan transaksi jual-beli dari sosial media yang satu ini.

Cara Promosi Di IG Yang Menarik Pembeli

Berita baiknya bagi para penjual yang menggunakan akun Instagram adalah semua pengguna Instagram saat ini merupakan konsumen yang aktif Bahkan mereka juga tidak sungkan untuk langsung melakukan transaksi pembelian jika melihat gambar yang menarik tampak terpampang di Instagram. Untuk kamu yang ingin memulai bisnis menggunakan Instagram atau kamu yang sudah punya Instagram untuk jualan tapi masih sepi berikut beberapa tips yang wajib kamu tahu.

1. Pakai Bio Instagram

Gunakan bio Instagram untuk membuat konsumen tahu Apa keunggulan online shop yang kamu tawarkan. Iya, konsumen hanya mempunyai satu cara untuk melihat produk apa yang kamu tawarkan yaitu dari gambar yang ada di Instagram. Cantumkan bio atau biografi tentang apa sih informasi jualan yang ingin kamu sampaikan kepada pembeli.

Caranya tergolong mudah yaitu kamu hanya perlu melengkapi pada bagian bio Instagram tentang apa saja keunggulan produk yang sedang kamu tawarkan. Sehingga konsumen jadi tahu apa kiranya manfaat Setelah membeli barang atau produk tersebut. Di bio Instagram tersebut kamu juga bisa mencantumkan contact person atau telepon untuk menghubungi kamu dengan mudah. Supaya mereka bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya sesuai kebutuhan.

Jadi bio Instagram ini bisa kamu fungsikan sebagai cara untuk memulai komunikasi dengan calon pembeli. Dari bio Instagram ini juga ada fitur menarik yaitu kamu bisa mencantumkan Link yang nantinya bisa diklik dan bisa menghubungkan ke whatsapp atau Line yang kamu kelola untuk membangun usaha tersebut.

2. Posting Gambar Ke Akun Instagram Secara Menarik

. Sangat bisa dimaklumi Jika kamu adalah seorang pemula namun Jangan sampai karena kamu masih baru dalam bidang bisnis tersebut apalagi menggunakan Instagram maka kamu meng-upload foto yang menarik. Ingatlah bahwa salah satu cara yang paling tepat untuk menarik minat pembeli adalah memastikan bahwa gambar tersebut benar-benar dibuat secara menarik. Misalnya saja kamu ingin menjual kerudung atau menjual produk seperti karpet.

Ketika kamu ingin melakukan penjualan dengan cara promosi di Instagram maka pastikan bahwa kerudung tersebut tampak menarik misalnya dengan menggunakan model . Contoh lainnya adalah ketika kamu menjual karpet rasanya akan tampak berbeda jika kamu hanya mau foto karpet atau menambahkan kartu tersebut pada dekorasi ruang tamu misalnya.

Instagram juga memiliki fitur multiple photos. Gunakan fitur tersebut secara efektif untuk membuat para pelanggan atau calon konsumen tertarik dengan barang yang kami jual.

3. Tulis Deskripsi Produk Yang Kamu Jual Secara Benar Dan Jelas

Gambar adalah cara pertama untuk menarik minat para calon konsumen namun ada juga hal yang lain yang harus kamu lakukan selanjutnya. Setelah tertarik dengan gambar yang menarik maka pelanggan atau calon pembeli akan melihat seperti apa sih deskripsi ronda yang kamu tawarkan apakah itu sesuai dengan kebutuhan mereka ataukah tidak.

Ketika menulis deskripsi produk maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah Detail informasi yang harus kamu cantumkan. Hindari menggunakan bahasa yang bertele-tele atau panjang dan lebar tentang deskripsi produk yang ingin kamu cantumkan. Buatlah dengan cara yang sederhana yaitu bisa membantu pelanggan tidak perlu membaca informasinya dari awal sampai akhir untuk mengetahui apa produk yang menjual tersebut misalnya dengan membuat secara Point.

Buat beberapa detail poin apa saja yang bisa mereka temukan dari produk yang mereka beli ini misalnya dari Materi perubahan dan berapa harganya serta apa saja kualitasnya dan detil barang seperti apa. Misalnya untuk kamu yang menjual pakaian kamu bisa menjelaskan perpoin Apa saja kelebihan dari produk dengan menuliskan tahan air atau mungkin dengan menuliskan nyaman dipakai atau Tuliskan 100% bahan katun dan yang lainnya sehingga pelanggan bisa mendapatkan informasi dengan cepat jelas tanpa harus membaca secara panjang lebar

Deskripsi produk tersebut bisa kamu tulis di bagian caption Instagram . Kemudian gunakan akun Instagram tersebut sebagai album katalog supaya produk-produk yang kami jual secara online bisa diakses dengan mudah oleh calon pembeli

4. Jadilah Penjual Yang Aktif Dan Ramah Yang Bisa Respon Cepat Komentar Konsumen

Salah satu cara untuk menyelamatkan toko online kamu di Instagram agar jualan di Instagram tidak sepi adalah dengan merespons secara cepat. Respon keramahan dan juga kemampuan kamu dalam melayani pelanggan atau calon konsumen secara tepat tentu akan memberikan Nilai plus sendiri dalam pengelolaan toko.

Bahkan konsumen yang belum pernah membeli di toko mu akan mengalami pengalaman yang sangat nyaman dan terkesan dengan pelayanan yang kamu berikan. Sehingga mereka juga akan datang kembali ke toko kamu ketika membutuhkan barang-barang yang memang kamu jual. Mereka juga tidak akan merasa berat hati untuk menulis langsung secara sukarela di komentar. Misalnya, mereka sangat menyukai Bagaimana Pelayanan dan keramahan kamu ketika dihubungi secara langsung.

Itu artinya sikap kamu dalam mengelola toko dan memperlakukan pelanggan nanti akan menentukan sendiri bagaimana kelangsungan tokomu yang ada di Instagram tersebut agar tidak sepi. Jadi tidak ada ruginya untuk membuat pesan yang baik yaitu dengan bersikap ramah dan memberikan jawaban yang sangat jelas kepada masing-masing pembeli walaupun itu membutuhkan kesabaran yang ekstra karena terkadang pembeli mempunyai pertanyaan yang sama setiap kali melihat produk yang kamu jual.

Pastikan juga untuk selalu meninggalkan contact person yang bisa membuat pembeli langsung menghubungi kami setiap kali kamu menuliskan komentar menjawab pertanyaan mereka. Walaupun misalnya mereka tidak menggunakan nomor tersebut untuk langsung menghubungi kamu tapi paling tidak nomor telepon kamu tercantum di sana dan dapat digunakan oleh para konsumen lain ketika mereka memang benar-benar butuh untuk menghubungi kamu secara langsung melalui telepon.

5. Gandeng Influencer

Terakhir agar jualan di IG tidak sepi maka kamu bisa menggandeng influencer. Influencer adalah selebgram yang fungsinya adalah model atau seseorang yang kamu gunakan untuk mempromosikan produk yang kamu jual. Tidak masalah jika kamu tidak mampu menggandeng Agnes Monica misalnya untuk menjadi influencer dalam produk tersebut Tapi kamu bisa kok menggunakan influencer lainnya yang jelas bisa menambah followers yang ada di akun Instagram kamu.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *