5 Cara Berjualan di Lazada Biar Bisnis Laris

5 Cara Berjualan di Lazada Biar Bisnis Laris

Diposting pada

Lazada adalah salah satu marketplace yang ada di Indonesia dan sudah sejak lama eksistensinya terus bertahan. Kehadirannya di Indonesia menjadi salah satu jalan untuk menyediakan transaksi jual beli secara online dengan cara mempertemukan penjual dengan pembeli. Nah sampai saat ini keberadaan Lazada tentu bukan hal yang mudah terutama bagi kamu yang ingin mendaftarkan bisnis mu sehingga dapat diterima sebagai penjual di Lazada.

Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sehingga kamu bisa dipercaya oleh Lazada untuk melakukan penjualan secara online. Pasalnya Lazada sangat menjaga kenyamanan dan kepuasan para penggunanya. Jadi ketika kamu ingin bergabung dengan Lazada sebagai penjual maka kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu adalah trusted seller.

Tentu saja jika kamu berhasil membuktikan diri sebagai trusted seller yang layak dipercaya maka kamu tinggal mengelola akun Lazada sebagai cara untuk jualan secara online. Nah Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang bagaimana sih cara berjualan di Lazada supaya sukses dan cepat laku

Tips Jualan Di Lazada Supaya Produk Bisa Dikenal

1. Sediakan Rak Khusus Untuk Jualan di Lazada

Barang yang kamu jual di Lazada harus ditempatkan di tempat yang terpisah dengan barang-barang yang kamu jual di marketplace lain. Tips ini sangat penting terutama buat kamu yang memiliki toko online di lebih dari 1 marketplace. Cobalah mulai mencari peruntunganmu dengan menyediakan sebuah atau tempat khusus yang kamu gunakan untuk barang-barang yang kamu jual di Lazada supaya kamu juga bisa memantau stok secara mudah dan tuliskan platform Lazada.

Mengapa sangat penting untuk tidak kehabisan stok ketika jualan di Lazada? Jawabannya tentu sangat mudah karena memang Lazada adalah salah satu marketplace yang mempunyai peraturan ketat mengenai stok barang penjual. Ketika kamu kehabisan stok dengan jualan di Lazada maka Lazada akan memberikan penalti loh.

Hal menarik lainnya yang bisa kamu Nikmati sebagai penjual di Lazada adalah kamu bisa memasukkan produk UKM yang kamu jual dalam iklan yang ada di Lazada. . Dari fitur iklan tersebut maka kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara untuk menggandeng UKM lain sehingga kamu bisa membantu mereka memasarkan hasil karya atau produk yang mereka buat

2. Periksa Kualitas Barang Sebelum Pengiriman

Periksa Kualitas Barang Sebelum Pengiriman

Cara jualan di Lazada harus dengan memeriksa kualitas barang terlebih dahulu sebelum Dikirim kepada pembeli. Hal ini memang dari awal ditekankan oleh Lazada karena memang kepuasan pelanggan adalah hal yang paling penting. Jadi kalau kamu ingin menjadi trustedseller tentu harus memperhatikan kualitas barang yang kamu jual dan itu adalah satu-satunya cara untuk menjaga bagaimana agar pelanggan tetap merasa nyaman dan puas Berbelanja Di Toko kamu yang ada di Lazada. Persyaratan wajib bagi seluruh penjual yang ada di Lazada adalah untuk menyertakan deskripsi sesuai dengan produk yang dijual. Kemudian ketika pembeli tertarik maka penjual harus langsung mengirimkan barang dengan melalui tahap pengecekan.

Bagaimana jika barang yang kamu jual tidak sesuai dengan deskripsi yang kamu letakkan pada bagian iklan? Kasus ini akan membuat barang kamu masuk dalam cacat produk sehingga pembeli bisa mengajukan retur atau meminta agar transaksi dibatalkan. Namun pembeli juga tidak bisa langsung melakukan retur begitu saja karena barang yang dikembalikan harus melewati proses terlebih dahulu di kantor Lazada. Jika menurut Lazada proses retur bisa disetujui maka barang akan segera dikembalikan kepada seller.

3. Pastikan Pengiriman Barang Berjalan Dengan Cepat

Lazada punya aturan ketat tentang pengiriman barang dari penjual kepada pembeli. Bahkan Lazada memberikan tenggat waktu yaitu hanya 1 x 24 jam untuk mengurus pesanan masuk supaya penjual harus segera melakukan pengiriman. Untuk penjual yang terlambat memproses order maka akan mendapatkan tindakan pendisiplinan yang dilakukan oleh Lazada yaitu biaya penalti karena sudah ada aturan yang berlaku.

Tidak hanya itu penjual yang tidak mampu memproses pesanan Dalam waktu 24 jam maka akan mendapatkan penalti seperti dibatasi poin limit pesanannya jadi setiap harinya ada batas pesanan yang akan dikurangi oleh lazada. Itu artinya jika tubuh yang kamu miliki mampu menyelesaikan pesanan dengan cepat maka rating toko yang kamu punya juga akan bertambah dan bahkan kamu juga mendapatkan poin lebih untuk mengantar pesanan setiap harinya.

Jadi ketika kamu ingin berjualan di Lazada maka cara yang paling tepat adalah dengan memenuhi seluruh persyaratan dan peraturan yang dibuat oleh Lazada dengan demikian maka kamu akan mendapatkan reward atau poin yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan mu

4. Hitung Harga Produk Dengan Tepat

Tentu saja ketika kamu membuka toko di Lazada dan mencari cara berjualan di Lazada sudah pasti bahwa Hal pertama yang kamu inginkan adalah bagaimana cara mendapatkan keuntungan sebaik mungkin. Dengan demikian maka kamu juga akan melakukan cara penting bagaimana supaya penjualan tersebut tidak membuat kamu rugi yaitu dengan cara meng kalkulasi kan berapa harga produk yang kamu juga pintar.

Cara kalkulasi harga produk adalah dengan menambahkan Berapa persentase keuntungan dari kategori penjualan di Lazada dengan berapa keuntungan yang ingin kamu dapatkan serta berapa biaya pengiriman yang sebenarnya memang adalah tanggung jawab penjual. Perlu diketahui juga bahwa seluruh seller yang ada di Lazada wajib menanggung biaya kirim pembeli yaitu sekitar Rp7.000 pada tiap transaksinya. Jadi agar kamu bisa mendapatkan untung pastikan bahwa kamu sudah menambahkan gaya tersebut dan biaya yang lainnya pada harga produk yang sudah kamu atur.

5. Hindari Pembatalan Pesanan

Terakhir jika ingin menjadi trusted seller maka hindari pembatalan pesanan yang dilakukan oleh pelanggan. Apapun alasannya dan bagaimanapun kondisinya yang sedang terjadi jangan sampai pelanggan yang sudah hendak bertransaksi denganmu mendadak membatalkan pesanan. Hal ini dikarenakan jika itu sampai terjadi maka sudah pasti kamu harus menanggung biaya penalti dan akan mengalami penurunan rating toko.

Apalagi rating ini adalah informasi yang bisa dibuka atau dilihat oleh banyak orang yang menggunakan Lazada. Sehingga, ketika mereka tertarik dengan barang yang kamu jual tapi melihat bahwa rating kamu kurang bagus maka mereka akan langsung mengurungkan niatnya untuk belanja di toko kamu. Dengan demikian dapat diartikan bahwa jika sampai terjadi kasus pembatalan barang yang dilakukan oleh calon pembeli di toko kamu, maka itu sudah berarti seperti merusak reputasi tokoh yang sudah kamu bangun dengan amat sangat susah.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai cara jualan di Lazada dengan tepat agar bisa menjadi trusted seller . Lazada sebagai marketplace yang cukup ketat tentu bisa menjadi peluang yang baik untuk memulai bisnis bagi pemula terutama bisnis jualan secara online yang tidak memerlukan modal terlalu banyak.

Peraturan-peraturan yang dibuat oleh Lazada tidak lain adalah dengan memprioritaskan kepuasan pembeli sehingga kamu sebagai penjual caranya adalah dengan mengikuti seperti apa sih cara untuk menjaga pembeli agar tetap puas.

Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *