12 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Cantik Serta Awet Muda

6 min


Permasalahan pada kulit wajah memang sangatlah kompleks. Diantara permaslahan umum yang terjadi dan sering dikeluhkan adalah kulit wajah yang keriput atau mulainya penuaan, Komedo, Pori-pori yang besar, flek hitam, lebam atau merah akibat efek dari makeup.

Oleh karenanya menjaga dan merawat wajah memang penting agar penampilan tetap terjaga, jangan sampai kulit wajah anda yang cantik ini menjadi ternoda dengan adanya minyak yang berlebih ataupun masalah lainnya di wajah anda.

Manfaat Air Hangat untuk Kesehatan Kulit Wajah

Air tentunya menjadi salah satu elemen penting dalam perawatan wajah, karena sebelum mengaplikasikan skin care routine, hal pertama yang Anda lakukan tentunya adalah membersihkan wajah. Namun masih banyak orang yang meyakini bahwa air dingin lebih baik dibanding air hangat jika diaplikasikan pada wajah. Akan tetapi semuanya memiliki manfaatnya masing-masing apabila digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit dan dengan cara yang tepat.

Air hangat dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit wajah, baik ketika digunakan untuk mencuci, mengompres, maupun menguapi wajah.

Berbagai manfaat air hangat untuk kesehatan kulit wajah yang perlu diketahui!

1. Dapat membersihkan Kotoran Wajah

Air hangat memang dianggap lebih ampuh dalam membersihkan kotoran pada wajah jika dibandingkan dengan air dingin. Perlu diingat sebaiknya jangan menggunakan air yang terlalu panas karena dapat mengiritasi kulit dan justru membuat kulit jauh lebih kering.

2. Dapat Menghilangkan Jerawat

Menghilangkan Jerawat

Menyeka atau mengompres wajah menggunakan air hangat dapat memperlebar lubang pori-pori sehingga kulit dapat mengeluarkan kotoran, sel kulit mati, maupun bakteri yang menyebabkan jerawat.

3. Dapat Memperlancar Sirkulasi Darah

Pada saat Anda mengompres atau menguapi wajah menggunakan air hangat, sirkulasi darah akan menjadi lancar karena pembuluh darah melebar. Sirkulasi darah yang lancar akan menjaga kulit tetap terlihat sehat dan bercahaya.

4. Memperbanyak Produksi Elastin dan Kolagen

Keberadaan kolagen dan elastin sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap elastis dan kencang. Sudah diketahui bahwa air hangat mampu memperlancar sirkulasi darah di area wajah Sehingga sel-sel di wajah mendapatkan asupan oksigen yang cukup dan dapat bekerja dengan lebih maksimal.

5. Menenangkan Kulit

Rasa hangat yang ditimbulkan dari air hangat ketika dibasuhkan ataupun diuapkan kewajah akan membuat kulit wajah menjadi rilex dan mengurangi tingkat stress pada kulit.

6. Membantu Kulit Menyerap Nutrisi Dari Skin Care

Menguapi wajah dengan air hangat dapat membantu meningkatkan permeabilitas kulit wajah, sehingga kulit dapat menyerap nutrisi dari produk perawatan wajah dengan lebih maksimal.

7. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Air hangat dapat membersihkan wajah dengan lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Produksi kolagen dan elastin yang tetap terjaga membuat kulit tetap kencang dan terhindar dari keriput. Penyerapan skin care yang lebih maksimal juga dapat membuat produk perawatan antipenuaan yang Anda gunakan bekerja dengan lebih baik.

8. Mengurangi Timbulnya Jerawat

Sebum diproduksi oleh kelenjar minyak kulit akibat aktivitas yang Anda lakukan sepanjang hari.Jerawat tumbuh akibat sebum yang menempel di folikel rambut dan menyumbat pori kulit wajah. Penyumbatan inilah yang kemudian tumbuh menjadi jerawat. Debu dan kotoran yang menempel di kulit akan membuat kondisi tersebut semakin parah dan jerawat menjadi meradang. Mencuci wajah dengan air hangat dapat mengurangi pertumbuhan jerawat.

9. Menjadikan Wajah Lebih Cerah Alami

Pemakaian kosmetik yang terlalu lama menempel di wajah serta terkena paparan sinar matahari dan debu menyebabkan kulit muka menjadi kusam dan tidak bercahaya. Wajah yang bersinar cerah harus sering-sering dibersihkan, terutama pada malam hari.

10. Menghindarkan Kulit Wajah dari Efek Samping Kosmetik

Membersihkan sisa-sia kosmetik yang masih menempel di wajah akan lebih mudah bila di basuh dengan air hangat.

11. Memaksimalkan Regenerasi Kulit

Manfaat cuci muka dengan air hangat mampu meregenerasi sel kulit. Kulit muka yang masih tertutup oleh make up akan mengganggu pertumbuhan sel kulit yang baru, sehingga regenerasi tidak dapat berjalan dengan sempurna. Penumpukan sel kulit yang sudah mati akan membuat wajah terlihat kusam dan tidak segar. Itulah mengapa regenerasi sel kulit sangat penting. Regenerasi tersebut hanya dapat bekerja dengan maksimal jika kulit wajah bersih dari segala jenis make up dan kosmetik. Bagaimana caranya? Tentu dengan mencuci muka hingga bersih dengan air hangat pada malam hari sebelum tidur. Perlu diketahui bahwa proses pergantian sel kulit baru terjadi di malam hari mulai pukul 22.00 hingga 02.00 pagi.

12. Mengurangi Resiko Iritasi Pada Mata

Terhindar dari Iritasi Pada Mata

Basuh dan cucilah wajah anda dengan air hangat agar terhindar dari iritasi mata jika anda memakai maskara ata eye shadow. Maskara dan eye shadow yang Anda pakai bisa saja mengenai kelopak mata dan masuk ke dalam mata Anda ketika Anda tidur.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Air Hangat untuk Wajah

Dengan anda rutin membasuh wajah menggunakan air hangat setiap hari, maka kotoran yang membandelyang ada di wajah anda seperti polusi, debi dan yang lainnya bisa hilang. Manfaat air hangat untuk wajah memang sangat banyak, namun penggunaan air hangat pada wajah ini tentunya bergantung pada karakter kulit masing-masing orang. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Perhatikan temperatur air. Jangan gunakan air yang terlalu panas.
  • Penggunaan air hangat tidak disarankan bagi pemilik kulit kering
  • Jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelah membasuh muka dengan air hangat agar terhindar dari kulit kering.
  • Sebaiknya Lakukan seminggu sekali atau sesuai kebutuhan kulit Anda. Jangan setiap hari.
  • 10 menit adalah waktu yang ideal guna mencegah wajah dari iritasi.
Semua Orang Boleh Menulis Di TRIMUKTI, Mulai Menulis!

Maz Iwan

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *